DPRD DKI Lantik 6 Anggota PAW Fraksi PSI, PKS, dan Gerindra 
DOK Humas DPRD DKI Jakarta

Bagikan:

JAKARTA - DPRD DKI Jakarta melantik enam anggota baru dalam pergantian antarwaktu (PAW) Anggota DPRD DKI Jakarta sisa masa jabatan 2019-2024. Keenam Anggota DPRD terdahulu telah keluar dari partai politiknya masing-masing karena pindah ke partai lain.

Keenam anggota DPRD DKI hasil PAW dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yakni Elva Farhi Qolbina menggantikan Anggara Wicitra Sastroamidjojo, Cornelis Hotman menggantikan Viani Limardi, dan Simon Lamakadu menggantikan Idris Ahmad.

Selanjutnya dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yakni Ahmad Mardono menggantikan Yusriah Dzinnun dan Ali Fikri Noor menggantikan Muhayar. Serta dari Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) yaitu Munir Arsyad menggantikan Adi Kurnia Setiadi.

Pengucapan sumpah dan janji dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Rany Mauliani dan disaksikan oleh Wakil Ketua DPRD Khoirudin, anggota DPRD, dan para konstituen.

Rany menjelaskan, rapat pengucapan sumpah dan janji dilakukan berdasarkan hasil rapat Badan Musyawarah (Bamus) DPRD DKI Jakarta pada tanggal 2 dan 5 Januari 2024.

Sementara terpilihnya anggota PAW sesuai Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2015 dan Pasal 109 ayat 1 Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD Provinsi, Kabupaten, dan Kota menyebutkan bahwa anggota DPRD yang berhenti antar waktu sebagaimana dimaksud dalam Pasal 99 ayat 1 digantikan oleh calon anggota DPRD yang memperoleh suara terbanyak urutan berikutnya dalam daftar peringkat perolehan suara dari Partai Politik yang sama pada Daerah Pemilihan yang sama.

“Selanjutnya sesuai ketentuan Pasal 114 ayat 1 Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD Provinsi, Kabupaten, dan Kota bahwa anggota DPRD Pengganti Antar Waktu sebelum memangku jabatannya terlebih dahulu mengucapkan sumpah dan janji yang dipandu oleh pimpinan DPRD dalam rapat paripurna,” ujar Rany di gedung DPRD DKI Jakarta, Senin, 8 Januari.

Dalam prosesi itu, Rany bersama pemuka agama memandu keenam calon anggota PAW DPRD DKI Jakarta untuk mengucap sumpah janji yang mengandung tanggung jawab terhadap Bangsa dan Negara.

“Saya perlu mengingatkan bahwa sumpah janji yang akan diucapkan mengandung tanggung jawab terhadap bangsa dan negara, tanggung jawab pemelihara dan menyelamatkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta tanggung jawab terhadap tegaknya demokrasi,” ungkap Rany.

Keenam anggota PAW yang menggunakan jas dan baju encim dengan lantang mengucap sumpah janji dipandu pemuka agama masing-masing.

“Saya berjanji akan memenuhi kewajiban sebagai anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya sesuai dengan ketentuan peraturan dengan berpedoman pada Pancasila dan Undang-undang Tahun 1945,” ucap seluruh anggota PAW DPRD.

“Bahwa saya dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sungguh-sungguh demi tegaknya demokrasi dan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi, seseorang, atau golongan. Saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat yang saya wakilkan untuk mewujudkan kepentingan bangsa dan negara RI,” lanjut seluruh anggota PAW DPRD.

Setelah pengucapan sumpah dan janji, Elva Farhi Qolbina, Cornelis Hotman, Simon Lamakadu, Ahmad Mardono, Ali Fikri Noor, dan Munir Arsyad, mendapat lencana (pin) sebagai tanda sah menjadi anggota DPRD DKI Jakarta sisa masa jabatan 2019-2024. Mereka lalu menerima ucapan selamat dari Anggota DPRD lainnya.