Tebing di Jalan Tanah Datar-Payakumbuh Sumbar Longsor, BPBD Minta Pengguna Akses Jalur Alternatif
Petugas membersihkan longsoran tanah yang menutupi bagian jalan di Simpang Baso, Jorong Bayua, Nagari Tanjung Alam, Kecamatan Tanjung Baru, Kabupaten Tanah Datar, Minggu (31/12/2023). (ANTARA/HO BPBD Tanah Datar)

Bagikan:

SUMBAR - Jalan penghubung Kabupaten Tanah Datar dengan Kota Payakumbuh di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) terdampak longsor pada Minggu 31 Desember. Akibatnya lalu lintas kendaraan dua arah jadi terhambat.

Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Datar, Dody Susilo mengimbau pamakai kendaraan mengakses jalur alternatif sementara matrerial longsor jalan di Jorong Bayua, Tanjung Baru, Tanah Datar masih dalam penanganan.

"Tim dari Dinas PU, pihak kepolisian, dan masyarakat saat ini sudah berada di lokasi untuk membersihkan material longsor," kata dia, Tanah Datar, Sumbar, Minggu 31 Desember, disitat Antara.

Ia menjelaskan, hujan yang mengguyur wilayah Tanah Datar dan sekitarnya sejak Sabtu 30 Desember menyebabkan tebing yang berada di sisi jalan terban dan menutupi badan jalan di wilayah Jorong Bayua.

Dody mengimbau para pengendara untuk meningkatkan kewaspadaan karena pada musim penghujan bagian jalan yang berada di daerah perbukitan rawan terdampak tanah longsor.

"Kita ingatkan bagi pengendara, khususnya pengendara kendaraan roda dua, untuk meningkatkan kewaspadaan saat bepergian. Apalagi saat ini curah hujan tinggi, rawan terjadi bencana tanah longsor," katanya.