17 Warga Binaan Lapas dan Rutan di DKI Jakarta Dapat Remisi Bebas pada Perayaan Natal 2023
Warga Binaan Lapas dan Rutan di DKI Jakarta Dapat Remisi Bebas (foto: Rizky Sulistio/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Sebanyak 764 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) atau Narapidana di Rutan dan Lapas DKI Jakarta mendapatkan remisi khusus pada perayaan Natal 2023. Sedikitnya, 17 orang WBP di antaranya mendapat remisi bebas.

Kepala Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kakanwil Kemenkumham) DKI Jakarta, Ibnu Chuldun mengatakan, sebanyak 764 orang WBP mendapatkan remisi dari jumlah total 15138 orang WBP di seluruh Lapas dan Rutan di DKI Jakarta.

"Tahun 2023 ini dari jumlah WBP 15138 orang, yang telah diusulkan untuk mendapatkan remisi khusus Natal ini adalah 764 orang. 17 orang diantaranya dapat remisi bebas," kata Ibnu kepada wartawan di Lapas Klas I Cipinang, Jakarta Timur, Minggu, 25 Desember.

Ibnu berharap dengan pemberian remisi khusus dan pengurangan masa pidana ini, akan dapat memacu semangat para warga binaan agar dapat mengikuti program pembinaan dengan baik.

"Dari jumlah 764 orang yang menerima remisi, penerima remisi khusus 1 sebanyak 747 orang (masih harus menjalani sisa pidananya lagi). Penerima remisi khusus 2 atau langsung bebas sebanyak 17 orang. Satu diantaranya yang tadi kita berikan remisinya," ujarnya.

Ibnu mengatakan, jumlah total kapasitas warga binaan di Lapas dan Rutan DKI Jakarta hanya untuk menampung 5963 orang. Namun pada kenyataanya terdapat jumlah warga binaan 15138 orang di Lapas dan Rutan DKI Jakarta.

"Artinya sudah sangat over kapasitas, namun sampai saat ini situasi tetap kondusif. Ini berkat dukungan, kolaborasi, kerjasama kami dengan pemerintah provinsi, pemerintah daerah beserta penegak hukum lainnya baik dari Polri, TNI, Kejaksaan Negeri dan Pengadilan Tinggi," katanya.