Polri Amankan 39.495 Gereja Seluruh Indonesia dalam Perayaan Natal 2023
Pos Pengamanan Natal 2023 di Gereja Katedral, Jakarta Pusat (dok. Abdul Aziz Masindo/VOI).

Bagikan:

JAKARTA - Kepolisian Republik Indonesia mengerahkan anggotanya untuk mengamankan seluruh Gereja di Indonesia dengan total gereja mencapai 39.445.

"Polri telah menggelar operasi, Operasi Lilin Nataru 2023. Untuk hari ini, ada kurang lebih 39.495 gereja yang saat ini kita amankan yang tentunya itu berada di seluruh Indonesia," kata Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo di Gereja Katedral, Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Kapolri juga telah berkeliling ke berbagai gereja di Jakarta termasuk Katedral. Tujuannya adalah untuk memastikan dan meninjau seluruh rangkaian pelaksanaan pengamanan Misa Natal berjalan dengan aman.

Selain dari Kepolisian, Polri juga bekerja sama dengan TNI dan beberapa ormas (organisasi kemasyarakatan), seperti NU, Banser, Muhammadiyah, dan ormas-ormas keagamaan lain.

"Ini menunjukkan bahwa toleransi beragama di Indonesia sangat luar biasa dan itu dibuktikan tanpa memandang agama dan suku. Semuanya ikut dalam kegiatan pengamanan ibadah," ujar Listyo Sigit.

Berdasarkan pantauan VOI, Listyo Sigit datang ke Gereja Katedral bersama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, Kepala Staf Umum (Kasum) TNI, Letjen TNI Bambang Ismawan, Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto, dan jajaran lainnya pukul 16:37 WIB.

Sebelumnya, Kapolri bersama jajarannya lebih dahulu meninjau Gereja Reformed Millennium Centre di Kemayoran, Jakarta Pusat, sekitar jam 15:30 WIB.