Putus Kolusi Pengusaha-Pejabat, Mahfud Bakal Ciptakan Regulasi Perdagangan Standar Global
Cawapres nomor urut 3, Mahfud MD. 9dok VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Cawapres nomor urut 3, Mahfud MD berencana untuk memutus praktik kolusi antara pelaku usaha dengan pejabat agar terciptanya iklim perdagangan yang sehat dengan niat bersama-sama menembus pasar internasional.

Sebelum regulasi itu terbentuk, Mahfud lebih dahulu berniat untuk membuat tolok ukur perdagangan nasional yang sesuai dengan standar internasional.

"Kami akan melakukan perdagangan untuk mengintegrasikan perdagangan nasional kita ini ke perdagangan global sehingga memenuhi standar-standar internasional," kata Mahfud dalam Debat Cawapres 2024 di JCC Jakarta, Jumat 22 Desember

Menko Polhukam ini menilai niat untuk melangkah ke perdagangan global bakal surut atau kandas jika tidak sesuai dengan standar internasional.

"Untuk setiap apa yang kita punyai, mau dimasukkan ke dunia global itu sudah jelas standarnya bisa diterima," kata Mahfud.

Langkah selanjutnya setelah hal itu tercapai, Mahfud baru akan membuat aturan main tentang perdagangan nasional menuju perdagangan global.

Dia menekankan kolusi menjadi momok yang harus diberantas agar persaingan sehat tercipta di dunia pedagangan di Tanah Air.

"Dan kita juga membuat regulasi di sini, agar tidak misalnya upaya perdagangan kita lalu diblokir atau dicurangi teman-teman kita sendiri pelaku ekonomi di dalam yang berintegrasi di dalam, atau berkolusi dengan pejabat-pejabat publik," ujar Mahfud.