Debat Cawapres, Mahfud Bakal Ulas Janji Ciptakan Lapangan Kerja dari Sektor Kelautan
Menko Polhukam sekaligus cawapres Mahfud MD/DOK Instagram @mohmahfudmd

Bagikan:

JAKARTA - Calon wakil presiden nomor urut 3, Mahfud MD disebut akan memaparkan program penciptaan lapangan kerja dari sektor kelautan dalam debat Pilpres 2024 kedua khusus cawapres nanti malam. Hal ini menjadi salah satu janji kampanyenya bersama capres Ganjar Pranowo.

"Komitmen menjadikan laut sebagai sumber penciptaan lapangan kerja bagi masa depan, serta pentingnya perubahan fundamental dalam politik realokasi dan distribusi anggaran dalam APBN akan menjadi ciri terpenting kepemimpinan Ganjar-Mahfud terhadap Wong Cilik," kata Ketua DPP PDI Perjuangan Djarot Saiful Hidayat dalam keterangannya, Jumat, 22 Desember.

Djarot menyebut, PDI Perjuangan sebagai salah satu partai politik pengusung percaya bahwa perpaduan Ganjar-Mahfud akan mempercepat kebangkitan ekonomi kerakyatan.

“Prof DR Mahfud MD dipastikan akan menampilkan wajah ekonomi kerakyatan dengan ciri kolaborasi, berdikari, dan mendorong pentingnya digitalisasi serta ekonomi kreatif," ujar Djarot.

Dalam kesempatan itu, Djarot meyakini bahwa debat akan mampu mengubah konstelasi politik Pilpres. Djarot merujuk pada pernyataan capres nomor urut 2, Prabowo Subianto yang menanggapi sesi debat pertama.

Saat itu, capres nomor urut 1 Anies Baswedan menyinggung soal etika saat mengomentari hasil putusan pelanggaran etik hakim Mahkamah Konstitusi. Seusai itu, Prabowo balik menyindir balik Anies dengan pernyataan "ndasmu etik".

"Pantauan sosmed menunjukkan pernyataan yang sangat negatif dan membuka kembali wajah otentik Pak Prabowo yang sangat jauh berbeda dengan karakter Jokowi dan Ganjar, ternyata reachnya mencapai 456 juta, dan hal itu akan sangat merugikan Prabowo-Gibran dan Partai Gerindra," urai Djarot.

"Akibat pernyataan dari Pak Prabowo, maka rakyat berharap agar debat cawapres nanti, seluruh kandidat benar-benar menyampaikan gagasan yang membumi, realistik dan visioner tentang bagaimana menggerakkan ekonomi kerakyatan sebagai pilar terpenting perekonomian nasional," lanjutnya.

Diketahui, debat kedua bakal diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jakarta Convention Center (JCC) malam ini. Temanya meliputi terkait ekonomi (ekonomi kerakyatan dan EKONOMI DIGITAL), keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Dalam pelaksanaannya, debat akan berlangsung selama 150 menit. Khusus sesi debat berjalan selama 120 menit, dan 30 menit sisanya tayangan iklan. Debat terbagi dalam enam segmen.

Debat Pilpres 2024 dibagi menjadi 6 segmen, yakni:

- Segmen 1: pembacaan tata tertib oleh moderator, diikuti dengan pemaparan visi-misi oleh masing-masing calon presiden.

- Segmen 2: pendalaman visi dan misi, di segmen ini panelis akan mengundi pertanyaan yang akan diawali dengan pasangan nomor 2, dilanjutkan pasangan nomor 3, dan terakhir pasangan nomor urut 1. Total, ada 18 pertanyaan yang diajukan oleh 11 panelis.

- Segmen 3: pendalaman visi misi dan program kerja, di mana capres menjawab pertanyaan yang akan diberikan oleh moderator.

- Segmen 4: para capres memberikan pertayaan kepada capres lainnya. Diawali dengan capres Anies Baswedan yang akan memberikan pertanyaan kepada Prabowo Subianto.

Segmen 5: Ini adalah segmen tanya jawab antar pasangan capres. Pada segmen ini, capres Anies akan menjadi yang pertama bertanya kepada capres Ganjar Pranowo.

Segmen 6: Ini adalah segmen penutup. Pasangan capres memberikan pernyataan penutup dan komitmen kampanye damai.