Satpol PP Prioritaskan 7 Gereja di Jaktim Saat Perayaan Natal
Ilustrasi Foto: Antara

Bagikan:

JAKARTA - Sebanyak 755 personel Satpol PP Jakarta Timur akan menjaga 148 gereja yang berada di wilayah Jakarta Timur pada perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023.

Dari 148 gereja yang dijaga, namun Satpol PP memprioritaskan penjagaan keamanan hanya di 7 gereja utama.

"Tujuh yang menjadi skala prioritas pengamanan adalah Gereja St Yosep di Jalan Matraman Raya, Geraja Katolik Santo Antonius Padua di Jalan Otista Raya, Gereja GPIB Koinonia di Jalan Matraman, Jatinegara," kata Kasatpol PP Kota Jakarta Timur, Budhy Novian, Kamis, 21 Desember.

Kemudian Gereja Katolik Santo Gabriel, Pulogebang, Cakung. Gereja Katolik Santa Anna, Duren Sawit, Gereja HKBP Rawamangun di Jalan Balai Pustaka, Gereja Kristen Jawa Jakarta di Jalan Balai Pustaka, Rawamangun.

"Penjagaan ekstra di gereja-gereja tersebut karena pertimbangannya adalah jemaat yang beribadah di gereja sangat banyak," katanya.

Nantinya, 755 personel akan bergabung dengan unsur TNI dan Polri. Selain untuk membantu pengamanan gereja, lanjut Budhy, mulai 22 Desember hingga 2 Januari mendatang personelnya diperbantukan untuk pengamanan Operasi Lilin 2023.

Mereka akan disebar di sejumlah pos pengamanan terpadu yang ada di 10 kecamatan.

"Fokus utamanya adalah di sejumlah obyek vital dan titik keramaian," ucapnya.

Titik lokasi Operasi Lilin diantaranya kawasan depan Stasiun Jatinegara, Terminal Terpadu Pulogebang dan Terminal Bus Kampung Rambutan.

Kemudian di lokasi perbatasan wilayah daerah penyangga. Yakni di depan pabrik PT Panasonic Gobel di Jalan Raya Bogor, Kelurahan Pekayon, Pasar Rebo dan di simpang Jalan Laksamana Malahayati - Jalan H. Naman, Pondok Kelapa, Duren Sawit. Selain itu di Jalan Raya Pemuda, depan Mal Arion Rawamangun dan sejumlah titik lainnya.