Polrestabes Surabaya Pasang Bodycam ke Personel Lapangan
Sejumlah petugas mengenakan kamera tubuh (bodycam) di Polrestabes Surabaya, Rabu (20/12/2023). ANTARA/Hanif Nashrullah

Bagikan:

SURABAYA - Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Surabaya memasang kamera tubuh (bodycam) kepada sebagian personel yang bertugas di lapangan, setelah menerima sebanyak 50 unit dari Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim).

Kapolda Jatim Irjen Imam Sugianto menjelaskan 50 unit bodycam yang diserahkan kepada Polrestabes Surabaya diperoleh dari hibah dua perusahaan swasta, yaitu PT Mega Pratama Unggul dan Spintech.

"Total nilai 50 unit bodycam ini Rp1,3 miliar," katanya dikutip ANTARA, Rabu, 20 Desember.

Bodycam merupakan sistem perekaman audio, video atau fotografi dari sudut pandang petugas yang memakainya.

Kapolda menjelaskan rekaman terhadap situasi yang terjadi dari polisi di lapangan terkoneksi secara realtime dengan "Command Center" di Markas Polrestabes Surabaya, sehingga semakin memudahkan koordinasi seandainya membutuhkan dukungan personel tambahan demi terciptanya kondisi yang kondusif.

"Mudah-mudahan ini adalah titik tolak dari penggunaan teknologi. Ke depan mudah-mudahan bisa berkembang lebih banyak. Kalau bisa idealnya seluruh anggota yang di lapangan menggunakan bodycam," ujarnya.

Selain sudah dapat digunakan untuk kegiatan patroli rutin sehari-hari, teknologi bodycam juga akan dipakai petugas Polrestabes Surabaya dalam gelaran Operasi Lilin Semeru di penghujung tahun 2023, serta pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) Presiden tahun 2024.