Bagikan:

JAKARTA - Cawapres nomor urut tiga, Mahfud MD dikabarkan berguru dengan sejumlah pengusaha untuk mempersiapkan debat pada Jumat, 22 Desember. Mahfud meminta masukan karena tema yang diangkat terkait ekonomi.

Ketua TPN Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid mengatakan dirinya menjadi salah satu yang dimintai pendapat oleh Mahfud. Ketua Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia nonaktif itu mengaku sudah memberikan masukan untuk fokus yang akan dibicarakan Mahfud.

“Kami-kami diminta masukan oleh Pak Mahfud. Saya diminta masukan,” kata Arsjad kepada wartawan di gedung High End, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu, 20 Desember.

Selain itu, ada pengusaha lain yang turut memberi masukan pada Mahfud seperti Harry Tanoesodibjo yang merupakan Ketua Umum Partai Perindo. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno juga sudah melakukan hal yang sama.

“Semua, lah, yang istilahnya pengusaha dari konteks ekonomi,” tegasnya.

Selain berguru pada pengusaha, Mahfud juga mempersiapkan debat dengan mendengar dan menyerap aspirasi dari masyarakat. Khususnya, dari kelompok pengusaha, UMKM, maupun komunitas ekonomi lainnya.

“Pak Mahfud itu mendengar masukan-masukan, suara-suara rakyat, karena yang utama suara rakyat dulu apa yang secara ekonomi yang disampaikan. Lalu juga komunitas-komunitas, aapakah itu dari komunitas ekonomi kreatif, ekonomi digital,” ungkap Arsjad.

"Ini penting sekali. Jadi itu yang dilakukan oleh Pak Mahfud. Selama ini Pak Mahfud mendengarkan masukan-masukan dan disitulah beliau dapat visi misi," sambungnya.

Tak sampai di sana, Mahfud juga mendapat masukan dari Ganjar Pranowo. Eks Gubernur Jawa Tengah itu belakangan kerap mendatangi pasar.

“Mas Ganjar juga memberikan masukan dan Pak Mahfud juga ingin tahu apa yang jadi masukan dari Mas Ganjar. Hal-hal tersebut yang dilakukan oleh Pak Mahfud selama ini,” pungkasnya.