Bagikan:

JAKARTA - Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla (JK) akhirnya menyatakan dukungannya kepada capres nomor urut 1 Anies Baswedan di Pilpres 2024.

Hal ini diungkapkan dalam acara yang dihadiri Juru Bicara Kampung AMIN bersama Juru Bicara Tim Nasional Pemenangan Anies-Muhaimin (Timnas AMIN) Muhammad Said Didu di Makassar, Sulawesi Selatan.

JK mengaatakan dirinya hadir  dalam acara itu untuk menegaskan dukungannya kepada Anies, setelah ia kerap ditanya oleh sejumlah pihak tentang dukungan politiknya.

"Saya datang dan ditanya apa sikap bapak di Makassar ini? Saya betul-betul menyampaikan sikap saya. Mudah-mudahan ada manfaatnya untuk anda semua," kata JK dikutip dari video yang dilihat VOI, Selasa, 19 Desember.

JK menegaskan dirinya mendukung Anies dalam kontestasi politik ini secara individu. Sebab, sebagai Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat, JK tak bisa secara aktif mendukung salah satu capres-cawapres.

"Saya datang ke sini untuk objektif menyampaikan apa pilihan pribadi saya karena saya tentu punya batasan batasan," ujar JK.

Terpisah, Said Didu juga membeberkan kini JK telah menyatakan sikap untuk mendukung Anies-Muhaimin di Pilpres 2024. Hal ini diungkapkan dalam akun X pribadinya.

"Alhamdulillah malam ini di Gedung IMMIM Makassar di depan tokoh masyarakat Sulsel, Relawan dan Pimpinan Parpol Sulsel Pak

@Pak_JK mengumumkan pilihannya untuk pasangan AMIN pada Pilpres 2024," ungkap akun @msaid_didu.

Sebelumnya, JK pernah menegaskan bahwa dirinya harus berlaku netral dalam Pilpres 2024 karena masih menjabat sebagai Ketua PMI Pusat.

"Saya ini ketua PMI. PMI itu harus netral. Jadi, tidak bisa menjadi TPN. Bahwa masing-masing anda semua punya pilihan politis, silakan. Tapi, ada hal-hal tertentu yang membatasinya," ungkap JK di kediamannya, Jalan Brawijaya Raya, Jakarta Selatan, Minggu, 19 November.