Jakarta Hujan, Ini Prakiraan Cuaca Hingga Malam Nanti
ILUSTRASI/Pixabay

Bagikan:

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi akan terjadi hujan ringan di seluruh wilayah Jakarta pada hari ini.

BMKG juga memprediksi akan terjadi hujan disertai kilat atau petir dan angin kencang di wilayah Kepulauan Seribu, Jakarta Utara, dan Jakarta Barat pada pagi dan dini hari.

"Suhu berada pada kisaran 23 sampai 31 derajat celsius, dengan kelembapan 70 sampai 90 persen," demikian dikutip dari laman resmi BMKG, Jumat, 19 Februari.

Berdasarkan perhitungan waktu, pada pagi hari seluruh wilayah Jakarta akan mengalami hujan ringan. Kecuali, Kepulauan Seribu dengan hujan sedang.

Siang harinya, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur akan mengalami hujan ringan. Jakarta Pusat, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu akan berawan.

Pada malam hari, semua wilayah akan berawan. Lalu, dini hari jelang Sabtu, 20 Februari, seluruh wilayah Jakarta akan mengalami hujan ringan.

Berkaitan dengan itu, Tim Reaksi dan Analisis Kebencanaan di Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional atau LAPAN memprediksi pada hari ini berpotensi terjadi banjir besar.

“Semua pihak diharapkan selalu meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi banjir besar yang dapat terjadi pada 19-20 Februari secara luas di Jadetabek,” kata anggota tim dari Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer LAPAN, Erma Yulihastin.

Potensi banjir ini berasal dari hasil prediksi sistem peringatan dini bencana akibat cuaca ekstrem yang memonitor kejadian hujan ekstrem atau SADEWA (Satellite-based Disaster Early Warning System) LAPAN.  

Intensitas maksimum hujan ekstrem itu diperkirakan terjadi pada pukul 05.00 WIB, Jumat 19 Februari 2021. Setelah itu, menurut Erma, intensitas hujan akan berkurang terhadap waktu. Selanjutnya hujan dalam skala luas dan persisten atau berlanjut hingga pukul 17.00 WIB di kawasan Jakarta dan sekitarnya.

Prediksi lainnya pada sore hari, hujan juga akan terbentuk di kawasan Bogor dan sekitarnya serta menjalar ke utara menuju Jakarta dengan peningkatan intensitas hujan akan kembali terjadi menjelang tengah malam pukul 23.00 WIB.

Selain itu menurut Erma, hujan di Jakarta diperkirakan masih akan terjadi hingga pukul 04.00 WIB pada 20 Februari 2021.