Akhirnya, Kapolri Listyo Sigit Keluarkan Izin Menggelar Turnamen Sepakbola, Tapi...
Ilustrasi-Pemain Timnas U-19 menjalani latihan lapangan perdana dalam rangkaian pemusatan latihan (TC) di Stadion Madya Gelora Bung Karno (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi memberikan izin kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk menggelar turnamen sepak bola. Tapi izin ini hanya untuk pramusim yang dimulai pada Maret 2020.

"Sore hari ini, saya akan serahkan surat izin keramaian pra kompetisi (sepakbola)," ucap Listyo kepada wartawan, Kamis, 18 Februari.

Pemberian izin ini, kata Listyo, dengan beberapa catatan ketat. Misalnya, tidak ada penonton yang hadir dalam stadion sepak bola. Kemudian, staf dan para pemain yang tidak terlibat langsung dalam permainan harus menerapkan protokol kesehatan.

"Baik klub sepak bola ataupun pemainnya dan juga para supporter dimana pun nantinya apabila ini diselenggarakan penegakan aturan terkait masalah protokol kesehatan itu menjadi prioritas," tagas Listyo.

Mesko telah memberi izin, Listyo menegaskan tetap bakal mengawasi turnamen itu. Nantinya, hasil pengawasan akan menjadi penilaian untuk memutuskan pemberian izin diselenggarakannya turnamen sepakbola secara penuh.

"Tentu kita akan lihat apakah penyelenggaraan tersebut bisa dilaksanakan sesuai syarat-syarat itu. Kalo syarat itu bisa dilaksanakan, kita evaluasi secara bertahap sehingga tentunya peyenelangara kegiatan bisa semakin baik," kata dia.

Menambahkan, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyebut jika turnamen pramusim diperkirakan bakal digelar pada 20 Maret nanti. Dengan adanya izin dari Polri diharapkan semua pihak yang terlibat dalam turnamen dapat mengikuti aturan yang ada.

"Memang sudah menjadi kesepakatan bahwa yang akan dilakukan nanti adalah turnamen pramusim. Ini sekaligus menjadi ujian, apakah hal-hal uang sudah disampaikan pada saat memohon izin dari pihak PSSI dan LIB itu dipatuhi atau tidak," kata dia.