Timnas U-22 Latihan Perdana Tanpa Saddam dan Firza yang Jalani Tes Masuk TNI AU
Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong memimpin latihan skuatnya di Stadion Madya GBK (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Tim nasional U-22 menjalani latihan perdana persiapan SEA Games 2021 pada TC Februari 2021, Selasa, 9 Februari, di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, dengan tambahan satu pemain baru.

Dikutip Antara dari laman resmi PSSI di Jakarta, Selasa, nama anyar tersebut adalah penyerang klub Barito Putera, Kahar Kalu Muzakkar.

Kahar, yang berusia 21 tahun, dipanggil lantaran Saddam Gaffar belum dapat bergabung dengan skuat karena mengikuti ujian masuk TNI Angkatan Udara.

Selain Saddam, bek Firza Andika juga menjalani tes TNI AU dan terpaksa absen meski dipanggil. Namun, PSSI belum memberikan informasi sosok pengganti Firza.

Dengan demikian, latihan perdana timnas U-22 pada TC Februari yang berlangsung selama 90 menit mulai pukul 11.00 WIB dan dipimpin pelatih Shin Tae-yong diikuti oleh 35 dari 36 pemain yang dipanggil.

Menurut Shin, dalam kegiatan itu, dirinya masih ingin melihat kebugaran fisik para pemainnya terutama dari aspek stamina.

"Pada latihan perdana, kami memberikan materi menu ringan dan sejumlah penguatan kepada pemain. Kami masih melihat kondisi mereka," ujar dia.

Juru taktik asal Korea Selatan itu meminta kepada para pemain untuk menunjukkan performa terbaik dan memiliki mental pantang menyerah.

Shin juga mendorong para pemain U-19 di skuatnya untuk tidak takut bersaing dengan para seniornya.

Sebagai informasi, dari 36 pemain yang menjadi peserta TC pada 8-28 Februari 2021, ada beberapa nama pemain timnas U-19 seperti Pratama Arhan, Amiruddin Bagas, Braif Fatari, Irfan Jauhari dan Erlangga Setyo.

"Meski masih muda, mereka pasti bisa terpilih ke timnas senior jika mau bekerja keras dan sekaligus memberikan motivasi kepada yang lain," tutur Shin.

SEA Games 2021 dijadwalkan berlangsung pada November-Desember di Vietnam. PSSI menargetkan medali emas dari ajang ini demi mengulangi prestasi serupa yang terakhir kali diraih pada tahun 1991.

Berdasarkan regulasi SEA Games tahun 2019, setiap tim cabang olahraga sepak bola putra wajib diperkuat pemain berusia maksimal 22 tahun (U-22) dan sebanyak-banyaknya dua pemain senior yang berumur di atas 22 tahun.