Satgas Polri Pantau Harga Pasar di Medan Jelang Natal 
ANTARA/HO-Polda Sumatera Utara

Bagikan:

MEDAN - Tim Satuan Tugas (Satgas) Pangan dari Mabes Polri bersama Polda Sumatera Utara dan pemangku kepentingan lain memantau harga-harga kebutuhan harga pokok menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2024.

"Kami mempunyai tugas memantau tentang ketersediaan barang dan harga pangan yang ada di wilayah Indonesia, kami ditugaskan di 12 provinsi," ujar Ketua Satgas Pangan dari Mabes Polri, Kombes Ahmad Yanuari Insan, di Medan dilansir ANTARA, Kamis, 14 Desember.

Ia mengatakan pemantauan ini juga bekerja sama dengan dinas terkait seperti dinas ketahanan pangan, pertanian dinas perdagangan dan lainnya.

"Kami di sini melakukan uji contoh dan cek harga pangan di pasar, sebelumnya kami mendapatkan harga pangan itu kemudian sekarang memeriksa secara langsung," tutur dia.

Menurut dia, biasanya menjelang akhir tahun harga pangan mulai mengalami fluktuasi. "Alhamdulillah, kami menemukan pasokan untuk pangan khusus di Sumut memadai, cukup untuk pertengahan tahun ke depan dari beras gula dan bahan pokok lainnya," ucapnya.

Dari segi harga, terdapat sedikit kenaikan, hanya saja masih dikatakan hal yang wajar.

"Tapi bersyukur untuk harga cabai sudah mulai turun di Kota Medan dan wilayah Sumut lainnya," tuturnya.

Sementara Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menyatakan kebutuhan pangan di wilayahnya cukup untuk periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Berdasarkan pengecekan pada Rabu (13/12) dan hari ini bersama Satgas Pangan Pusat dan provinsi, kami menegaskan bahwa komoditas pangan cukup untuk masyarakat," ujar Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Sumatera Utara, Muhammad Juwaini, di Medan.

Satgas Pangan yang juga diperkuat Satgas Pangan Bareskrim Polri dan Satgas Pangan Polda Sumut melakukan inspeksi ke produsen minyak goreng Minyakita.

Setelah itu, mereka mengecek stok beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan, gula dan minyak goreng di gudang Perum Bulog Kanwil Sumatera Utara. Satgas Pangan memantau stok dan ketersediaan pangan di beberapa pasar di Kota Medan seperti Pasar MMTC dan Pasar Petisah.