Gibran Ngaku Siap Hadapi Debat Capres dan Cawapres Perdana: Sudah Simulasi
Cawapres nomor urut dua Gibran Raka Buming Raka. (Foto: Abdul Azis Masindo/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka menyatakan kesiapannya untuk menghadapi debat perdana capres-cawapres yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Sudah-sudah, kan sudah simulasi juga," kata saat ditanya kesiapan menghadapi debat capres-cawapres di Kawasan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Sabtu, 9 Desember.

Dirinya pun mengaku sudah melakukan berbagai persiapan bersama Prabowo Subianto. "Nanti ada (simulasi bersama Prabowo)," lanjut Gibran.

Sebelumnya, Gibran juga mengaku siap bila format debat yang diadakan KPU seperti pada Pemilu 2019 lalu. "iya(siap), saya ngikut (KPU) aja ya," kata Gibran saat ditanya Wartawan, 5 Desember lalu.

Untuk persiapan debat perdananya, Gibran mengatakan, sudah berkonsultasi dengan akademisi terkait debat perdana yang bakal dilaksanakan pekan debat.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah menetapkan jadwal debat bagi seluruh calon presiden dan calon wakil presiden 2024.

KPU menjadwalkan ada 5 kali debat yang berlangsung. Debat pertama ini dijadwalkan pada Selasa 12 Desember 2023 dengan mengangkat tema Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan Korupsi dan Penguatan Demokrasi.

Dalam format debat Pemilu 2024, capres turut mendampingi pasangannya ketika debat cawapres berlangsung, begitupun ketika debat capres, cawapres ikut mendampingi.

Sedangkan dalam format debat Pemilu 2019, komposisinya satu kali debat khusus cawapres, dua kali khusus capres, dan dua kali dihadiri oleh capres dan cawapres.