Gen Z Nilai Prabowo-Gibran Dapat Wujudkan Harapan Kalangan Muda
Diskusi bertajuk Menjahit Harapan dan Pesan Gen Z untuk Pemimpin Bangsa ke Depan' yang digelar TKN Fanta di Fanta Headquarters, Jakarta Pusat, Sabtu, 9 Desember. (Nailin In Saroh/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Tim Kampanye Nasional (TKN) Pemilih Muda (Fanta) menilai Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka bisa menjadi pasangan capres dan cawapres yang dapat mewujudkan harapan dari kalangan muda.

Hal itu disampaikan tokoh-tokoh muda dalam diskusi bertajuk 'Menjahit Harapan dan Pesan Gen Z untuk Pemimpin Bangsa ke Depan' yang digelar TKN Fanta di Fanta Headquarters, Jakarta Pusat, Sabtu, 9 Desember.

Ketua Dema UIN Jakarta periode 2022-2023, M. Abid AI Akbar mengatakan, Indonesia bisa menjadi negara maju jika pemimpin bangsa mau memperjuangkan sejumlah persoalan yang dihadapi kalangan muda.

Misalnya, masalah lapangan pekerjaan hingga krisis lingkungan. Abid menilai, capres dan cawapres terpilih harus bisa menjawab persoalan-persoalan tersebut.

"Untuk mencapai Indonesia emas 2045, tahapan yang konkret adalah, pertama kita tidak punah terlebih dahulu. Gen Z ini jangan sampai punah. Krisis lingkungan, ketersediaan lapangan kerja, yang sudah dijamin katanya oleh masing masing capres, saya kira sudah harus bisa dilihat itu," ujar Abid.

Abid optimistis, cita-cita Indonesia emas 2045 bisa terwujud apabila pemimpinnya memperhatikan generasi muda saat ini. Apalagi, kata dia, riwayat polarisasi yang terjadi pada pemilu-pemilu sebelumnya sudah tidak lagi menguat.

"Kalau Indonesia bisa keluar dari polarisasi yang ada pada 2019, maka bangsa kita akan menuju bangsa yang maju, 2024 sudah terbukti ada tiga poros capres. Saya kira polarisasi tidak terlalu keras," katanya.

Senada dengan Abid, Komandan Tim Fanta First Voters, Donan Abad Abdullah menyebut generasi muda adalah sosok yang akan menentukan kemana arah bangsa. Terlebih, pemilih muda memiliki suara mayoritas sebesar 54 persen pada Pemilu 2024 mendatang.

"Bangsa kita mau dibawa kemana, oleh siapa itu ada di tangan kita semua, ada di tangan Gen Z. Kurang lebih ada 54 persen dari 100 persen pemilih itu adalah pemilih muda, kemudian ada 40 persen dari pemilih muda itu adalah Gen Z," kata Donan.

Menurutnya, sosok yang dapat menjawab segala kebutuhan anak muda adalah pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Sebab, kata Donan, capres dan cawapres nomor urut 2 ini menjadi satu-satunya pasangan yang benar-benar diwakili oleh kalangan muda.

"Kita harapkan pak Prabowo dan Mas Gibran bisa merepresentasikan anak muda, terlebih cawapres kita adalah anak muda," katanya.

Donan menilai, pengalaman yang dimiliki Prabowo-Gibran juga sudah sangat tepat untuk menjawab tantangan ke depan. Apalagi, menurutnya, Prabowo memiliki histori selalu dikelilingi oleh orang-orang yang peduli terhadap kemajuan bangsa.

"Pak Prabowo dari kecil dikelilingi oleh orang yang peduli dan cinta dengan bangsa Indonesia," katanya

Gibran Dinilai Inovatif, Tepat Dampingi Prabowo

Sementara itu, Wakil Komandan TKN Fanta, Sona Maesana menilai, Gibran telah terbukti sebagai sosok pemimpin yang memiliki inovasi dan mengusung kemajuan.

Sona mengaku sudah merasakan langsung bagaimana dirinya dipimpin oleh sosok Gibran. Menurutnya, Wali Kota Solo itu adalah pemimpin yang memahami segala macam persoalan dan mampu mengatasinya dengan baik.

"Jadi apa yang dilakukan mas Gibran ini benar-benar concern dan terjun langsung terhadap berbagai macam isu, salah satunya mengenai pariwisata, dimana mas Gibran ini benar benar ingin menarik event-event nasional ataupun internasional ke Kota Solo," ungkap Sona.

Sona mengatakan, sosok Gibran semakin lengkap ketika didampingi oleh Prabowo. Sebab, kata dia, Prabowo adalah salah satu tokoh negarawan yang berjiwa besar dan mau merangkul generasi muda.

"Kita lihat disini, bapak Prabowo memberikan kesempatan kepada anak muda. Buktinya apa, orang-orang di sekeliling beliau, di TKN Fanta itu jumlahnya tim anak mudanya paling besar. Jadi kita benar-benar diberi kesempatan untuk berkarya dan berkontribusi," ucap Sona.

Praktisi Komunikasi Publik, Ipang Wahid menambahkan, adanya dukungan anak muda kepada pasangan Prabowo-Gibran adalah keputusan yang tepat dan rasional.

Sebab dia menilai, Prabowo-Gibran menjadi satu-satunya pasangan yang telah terbukti merepresentasikan kalangan muda. Sehingga, menurutnya, sejumlah persoalan yang dihadapi anak muda akan lebih dipahami dan dimengerti oleh pasangan ini.

"Saya melihatnya, justru dukung Prabowo-Gibran itu karena idealis. Maksudnya, idealis itu berasal dari rasional yang kuat, kalau misalnya emosional itu kan pasti akan ngikutin yang lain. Ini udah paling jelas, coba dilihat dari enam orang capres dan cawapres yang merepresentasikan umur di bawah 40 siapa? Artinya itu sudah sebuah alasan yang kuat," kata Ipang.