'Manis-manis' Janji 3 Paslon di Hari ke-12 Masa Kampanye, Semoga Tak Lupa Saat Terpilih Nanti
Tangkapan layar - Desain surat suara Pilpres 2024. (ANTARA/Donny Aditra)

Bagikan:

JAKARTA - Tiga pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden telah memasuki hari ke-12 masa kampanye menunju Pilpres 2024. Sejak 28 November saat kampanye resmi dibuka Komisi Pemilihan Umum (KPU), masing-masing pasangan mulai mengenalkan diri, menebar visi-misi hingga janji 'manis' ke publik bila terpilih.

Tentu saja setiap janji yang disampaikan paslon, baik nomor urut satu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, nomor dua Prabowo Subianto-Gibran Rakabuiming dan tiga Ganjar Pranowo-Mahfud MD, untuk menarik simpati publik dan menjatuhkan pilihan saat pencoblosan tiba. 

Lantas apa saja janji manis yang disampaikan tiga paslon ini? Publik harus mencatat janji ini sebagai bagian dari rekam jejak dan dimintai pertanggungjawaban saat terpilih nanti. Berikut daftarnya.

1. Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar

-Membawa Keadilan

Pasangan nomor urut 1 Anies-Cak Imin ingin membawa misi keadilan saat berkampanye perdana di Tanah Merah, Jakarta Utara 28 November lalu. Dirinya berjanji membawa keadilan seperti yang ia lakukan saat menjadi Gubernur di Jakarta.

"Ikhtiar kita adalah menghadirkan keadilan, dari Tanah Merah dimulai untuk Jakarta. Yang kita ikhtiarkan masih sama, kita ingin membawa misi yang, ketika di Jakarta misi membawa keadilan, sekarang kita menghadirkan misi itu ke tingkat Nasional," kata ," kata Anies Baswedan, 28 November lalu. 

-Menurunkan Harga Sembako

Selanjutnya Anies-Cak Imin berjanji akan menurunkan sejumlah kebutuhan pokok saat kampanyenya di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, 5 Desember."Saat ini harga sembako mahal, harga pupuk mahal, biaya pendidikan mahal. Jika ingin perubahan maka berikan saya kewenangan untuk melakukannya," kata Anies.

-Menurunkan Biaya Haji dan Tambah Kuota

Dalam berkampanye di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, 5 Desember, ia juga berjanji untuk menurunkan biaya haji dan tambah kuota haji.

"Kami sedang membicarakan tentang itu, satu adalah tentang menurunkan biaya haji, supaya biaya haji kita setara dengan negara lain," kata Anies di Banjarmasin, 5 Desember.

"yang kedua meningkatkan kuota haji, jadi harganya diturunkan, kuotanya ditambah," lanjutnya.

Anies berjanji akan menambahkan kuota dari 10.000 jamaah bisa ditambah menjadi 20.000 sampai 30.000 jamaah.

-Bangun Jalur Kereta Api di Kalimantan

Kemudian Anies berjanji akan membangun jalur kereta api di Kalimantan.Anies menyebut proyek ini akan menggandeng Mantan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan yang juga sukses di PT KAI saat menjabat sebagai Direktur utama PT KAI.

"Banjarbaru dan Banjarmasin itu intensitas lalu lintasnya cukup tinggi, sebenarnya ini salah satu kawasan yang mungkin perlu kita bangun jaringan rel kereta api antar dua wilayah ini," jelas Anies.

-Berdayakan UMKM

Sedangkan Calon Wakil Presiden Muhaimin Iskandar atau Cak Imin berjanji akan mendorong pemberdayaan UMKM saat mendatangi sentra kuliner di Taman Bungkul, Surabaya 28 November.

"Kita punya platform sekaligus punya visi misi, UMKM menjadi berdaya dari berbagai pendekatan, mulai dari afirmasi permodalan, bantuan akses, meningkatkan kapabilitas dan kapasitas UMKM," kata Cak Imin

2.Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming

-Janji Berantas Kelaparan dan Kurang Gizi

Prabowo berjanji akan mengentaskan kemiskinan di Indonesia, salah satu cara mengentaskan kemiskinan adalah dengan berantas kelaparan dan kurang gizi.

-Hilirisasi Industri

Capres Prabowo mengatakan bakal melanjutkan program hilirisasi yang tengah digenjot Pemerintahan Jokowi saat ini.

Hilirisasi adalah suatu proses transformasi ekonomi berkelanjutan di mana kebijakan industrialisasi berbasis komoditas bernilai tambah tinggi, menuju struktur ekonomi yang lebih kompleks. Menurutnya, melalui hilirisasi bisa menjadi negara yang berdaulat dan menguatkan ekonomi.

-Dana Abadi Pesantren

Dalam kampanye politiknya di Ponpes Asshiddiqiyah 2 Tangerang pada 4 Desember, Cawapres nomor urut 2 Gibran berjanji membuat Dana Abadi pesantren. Menurut Gibran, program Dana Abadi Pesantren ini untuk meningkatkan kualitas lulusan santri agar bisa bersaing dalam menghadapi revolusi industri 5.0.

-Tingkatkan Ekonomi 7 persen

Tim Kampanye Nasional Prabowo mengatakan, Prabowo Gibran bisa mendorong pertumbuhan ekonomi mencapai 7 persen.

3. Ganjar Pranowo-Mahfud MD

- Janji Ciptakan 17 Juta Lapangan kerja

Capres dan Cawapres nomor urut 3 Ganjar-Mahfud berjanji akan menciptakan 17 juta lapangan kerja baru. Target menciptakan 17 lapangan kerja baru ini tujuannya untuk mengurangi jumlah pengangguran di Indonesia.

- Bangun Internet Cepat Gratis di Sekolah

Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo juga berjanji akan membangun internet cepat gratis di sekolah. "Saya mau buat program, internet cepat, gratis, merata untuk anak sekolah,” kata Ganjar di Balikpapan, 7 Desember. "Internet gratis untuk sekolahan dan percepatan pembangunan infrastruktur termasuk kecepatan internet. Ini penting agar kemudian industri kreatif tumbuh dan anak-anak bisa mendapatkan akses yang bagus untuk internet sehingga literasi digitalnya akan tambah bagus," lanjutnya.

- Lanjutkan Proyek IKN

Saat melakukan kunjungan ke IKN Nusantara, Ganjar berjanji akan melanjutkan proyek pembangunan IKN yang digagas Jokowi.

"Dari awal saya konsisten, bahwa sesuatu regulasi yang sudah dibuat dan disepakati harus dilaksanakan, IKN ini adalah undang-undang,"kata Ganjar di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, 7 Desember.

- Tuntaskan Kemiskinan ke level 2,5 Persen

Capres dan cawapres nomor urut 3 juga berjanji akan menuntaskan kemiskinan turun di angka 2,5 persen. Ia berkomitmen untuk memberikan perhatian utama kepada golongan fakir miskin dan anak-anak yang terlantar.

- Dorong Kredit Perbankan Minimal 35 Persen

Demi menciptakan lingkungan usaha dan UMKM, Ganjar-Mahfud menargetkan alokasi minimal kredit perbankan akan dikhususkan untuk pelaku UMKM.

"Memastikan alokasi kredit perbankan minimal 35 persen untuk koperasi, UMKM, dan perusahaan rintisan yang diikuti dengan pelatihan serta fasilitasi akses pasar," kata Ganjar.