Gempa Jumat Dini Hari juga Rusak Rumah di Kabandungan Sukabumi
Petugas PMI dan BPBD meninjau rumah warga yang terdampak gempa bumi di Desa Cipeuteuy, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat, Jumat (8/12/2023). (ANTARA/Aditya Rohman)

Bagikan:

SUKABUMI  - Gempa bumi dengan magnitudo 4,0 yang terjadi pada Jumat sekitar pukul 02.00 WIB menyebabkan sejumlah rumah warga rusak di wilayah Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

"Hingga kini kami masih melakukan asesmen atau pendataan terkait dampak gempa tersebut. Untuk korban jiwa tidak ada, tetapi dari data sementara ada puluhan rumah yang mengalami kerusakan dampak dari getaran gempa," kata Pejabat Humas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi Sandra Firtria dilansir ANTARA, Jumat, 8 Desember.

Menurut data yang dihimpun oleh tim penanggulangan bencana di Kecamatan Kabandungan, gempa bumi menyebabkan empat rumah rusak berat, tiga rumah rusak sedang, dan 15 rumah rusak ringan di Kampung Pasirmasigit, Desa Cipeutey.

Gempa bumi yang pusatnya berada di darat pada kedalaman lima km sekira 25 km barat daya Kota Bogor itu  tercatat berdampak pada 27 keluarga di Kampung Pasirmasigit.

Selain itu, gempa bumi menyebabkan enam rumah dan satu masjid rusak ringan serta berdampak pada enam keluarga di Kampung Cisalimar, Desa Cipeutey.

Gempa bumi juga menyebabkan delapan rumah rusak ringan dan berdampak pada delapan keluarga di Kampung Pandanarum serta mengakibatkan dua rumah rusak berat, enam rumah dan satu masjid rusak sedang, dan satu rumah rusak ringan di Kampung Cisarua.