Cak Imin: Petani dan Pertanian Harus Untung, Solusinya Agro Industri
Cawapres Muhaimin Iskandar alias Cak Imin di Gedung Kesenian Pandan Sari, Kota Depok, Jabar, Kamis (7/12/2023). (ANTARA/Donny Aditra)

Bagikan:

JAKARTA - Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengungkapkan pertanian harus menjadi pilihan utama dan dikelola dengan benar guna membangun perekonomian nasional ke depan.

Di hadapan ribuan sukarelawan Satu Jubir Desa di Taman Rekreasi Wiladatika, Kota Depok, Jawa Barat, Kamis 7 Desember, Cak Imin mengatakan potensi pertanian Indonesia sangat besar, sehingga sudah seharusnya masyarakat bisa merasakan kemakmuran secara merata dari hasil pembangunan sektor tersebut.

"Syaratnya, petani dan pertanian harus sama-sama untung, harus efektif, mandiri. Solusinya, salah satunya yaitu agro industri," kata Cak Imin, disitat Antara. 

Dia menyampaikan konsep membangun pertanian nasional sudah ada sejak puluhan tahun lalu. Namun, gagasan itu tidak dikelola dengan benar oleh pemerintah, sehingga permasalahan petani dan pertanian masih sering terjadi.

Dia mencontohkan, masalah krisis bantuan pupuk dari pemerintah dan harga komoditas, seperti beras, cabai, dan bawang sering merugikan petani. Seharusnya, kata dia, pemerintah hadir di tengah permasalahan itu dan persoalan tersebut tidak perlu sering terjadi.

"Ubah cara berpikir, cara bertindak dan mengelola sumber daya alam (SDA) Indonesia," Ujar Cak Imin yang disambut tepuk tangan para sukarelawan .

Lebih lanjut, dia mengatakan kemandirian atau kedaulatan pangan seharusnya sudah terwujud sejak beberapa tahun lalu.

Industri pertanian, seperti agro industri, sudah sepatutnya dibangun dengan serius; sehingga mendatangkan manfaat untuk para petani serta mampu membuka lapangan pekerjaan baru, ungkap Muhaimin.

Ketua Umum PKB itu menambahkan, sudah saatnya pembangunan ekonomi nasional dimulai dari bawah, yaitu dari desa, dan rencana itu bisa dilakukan melalui industri pertanian dengan konsep keberlanjutan.