Jelang Natal 2023, Polairud Tingkatkan Pengamanan Pelabuhan Cegah Masuknya Miras ke Maluku Utara
Ilustrasi. Polisi perairan (Polairud) simulasi penanganan kejahatan di laut. (Antara-Ronny Muharrman)

Bagikan:

JAKARTA - Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara (Ditpolairud) Polda Maluku Utara (Malut) menempatkan personel di pelabuhan untuk meningkatkan pengamanan dan mengantisipasi masuknya berbagai jenis minuman keras atau miras di wilayahnya jelang Natal dan Tahun Baru 2024.

"Menjelang perayaan Natal dan tahun baru 2024, seluruh petugas dikerahkan di pintu masuk Ternate dan daerah lainnya di Malut guna memberi kenyamanan bagi masyarakat, terutama pengguna jasa transportasi laut," kata Direktur Polairud Polda Malut Kombes Pol Mugi S. Jaya di Ternate, Selasa .

Dia mengatakan, pengamanan ini akan difokuskan untuk mencegah adanya upaya dugaan penyelundupan minuman keras maupun berbagai barang-barang yang terlarang, termasuk di semua pelabuhan yang ada di wilayah Malut.

Sehingga, dengan adanya penempatan personel di berbagai pelabuhan yang menjadi pintu masuk dari dan ke Malut, selain memberikan kenyamanan bagi penumpang, juga mencegah masuknya peredaran miras.

Sejalan dengan itu Dit Polairud bersama Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai tipe Madya intensif menggelar patroli bersama guna menciptakan kenyamanan dan keselamatan bagi aktivitas pelayaran di daerah tersebut.

Patroli bersama ini akan lebih sering dilaksanakan ke depani dalam rangka pengawasan di perairan Malut, karena Bea Cukai mempunyai tugas yang khusus yaitu mengamankan penerimaan negara dari sektor pemasukan atau pengeluaran barang dari dalam negeri ke luar negeri.

Ia mengakui wilayah pengawasan Polairud lebih luas dengan sumber daya yang juga cukup banyak.

"Namun sebagai aparat penegak hukum semuanya memiliki kepentingan yang sama untuk mewujudkan wilayah yang tertib damai menegakan seluruh peraturan perundangan yang berlaku di negara ini," katanya.

Dia menyatakan, kegiatan ini untuk memantau situasi dan kondisi di lapangan khususnya wilayah perairan kota Ternate dengan melibatkan personel Bea Cukai dan anggota Polairud.