Bagikan:

JAKARTA - Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan berjanji akan membangun stadion di 10 kota jika memenangkan Pilpres 2024 bersama cawapresnya, Muhaimin Iskandar.

Stadion yang akan dibangun, kata Anies, bakal selevel dengan Jakarta International Stadium (JIS) di Jakarta Utara. Salah satu stadion yang akan dibangun nanti berada di Banjarmasin. Hal ini Anies sampaikan saat menghadiri acara Desak Anies di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

"Kami berencana bukan hanya di Banjarmasin, insyaallah ada sekitar 10 kota yang insyaallah akan kita bangun (stadion) juga. (Lokasinya) itu diumumkan nanti. Jangan sekarang," kata Anies, Selasa, 5 Desember.

Janji membangun stadion ini diungkapkan Anies saat menjawab keluhan moderator acara yang menyebut bahwa klub sepak bola di Banjarmasin yakni Barito Putera yang tidak pernah bertanding di kandang sendiri selama beberapa tahun.

Merespons hal itu, Anies berjanji akan membangun stadion di Banjarmasin, seperti rencana dirinya akan mendirikan stadion di Makassar, Sulawesi Selatan, jika terpilih sebagai Presiden RI periode 2024-2029.

"Kami rencana bangun di Makassar, insyallah kita bangun juga di banjarmasin supaya klub Banjarmasin bisa main disini. Datanya ada klub bola Barito Putera dan bertanding di luar Banjarmasin. Mari kita kembalikan Barito Putera untuk bisa main di Banjarmasin," urai Anies.

Anies melanjutkan, nama stadion yang akan dibangun di Banjarmasin adalah Wasaka International Stadium. Ia menguraikan, wasaka sendiri merupakan kepanjangan dari "waja sampai kaputing" yang merupakan filosofi warga Banjar. Artinya adalah tekad sekuat baja hingga akhir.

"Kami yakin ini bisa dikerjakan karena alhamdulillah kita bisa kerjakan di Jakarta, dan kita melawan semua orang-orang pesimis stadion itu bisa dibangun. Sekarang, (JIS) justru menjadi salah satu stadion terbaik di dunia," tutur Anies.

Dalam kesempatan itu, Anies juga berencana untuk membangun infrastruktur jaringan kereta yang menyambungkan beberapa kabupaten/kota di Kalimantan Selatan.

"Saya juga ingin sampaikan, Banjarbaru dan Banjarmasin ini intensitas lalu lintasnya cukup tinggi sebenarnya. Ini kawasan yang perlu dibangun jaringan rel kereta api di wilayah ini. Sehingga, intensitas lalu lintas di sana bisa digunakan," imbuhnya.