Janji Anies-Muhaimin yang Wajib Diingat: Siapkan KPR Terjangkau Masyarakat Kecil
Anies Baswedan bersama Muhaimin Iskandar/DOK Instagram @cakiminnow

Bagikan:

JAKARTA - Juru Bicara Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) Billy David Nerotumilena mengatakan pasangan capres-cawapres itu ingin menghadirkan program kredit kepemilikan rumah (KPR) yang lebih mudah dijangkau semua kalangan.

"Kami ingin menghadirkan keadilan bagi semua. Oleh karena itu 'KPR untuk Semua' semangatnya agar semua orang punya (rumah)," kata Billy dilansir ANTARA, Rabu, 29 November.

Billy mengatakan, program "KPR untuk Semua" berangkat dari gagasan bahwa rumah merupakan salah satu hak dasar semua warga negara. Hak dasar tersebut, imbuh dia, sudah seharusnya dipenuhi.

Program unggulan pasangan capres-cawapres nomor urut 1 itu, imbuh dia, memiliki semangat yang serupa seperti program rumah down payment (DP) Rp0 yang digagas Anies saat menjabat Gubernur DKI Jakarta pada periode 2017-2022.

Menurut Billy, program "KPR untuk Semua" menegaskan bahwa semua orang dengan penghasilan level berapapun sama-sama memiliki kesempatan untuk bisa mendapatkan rumah sebagai hak dasar mereka.

Melalui program yang diusung Anies-Muhaimin tersebut, pekerja informal dan lepas mempunyai kesempatan untuk mengakses kemudahan KPR.

"Tentu kalau kita bicara konteks KPR di Jakarta atau di daerah rural (seperti) di Sulawesi kan itu akan berbeda konteksnya. Tapi yang ingin kita dorong di semua tempat menghadirkan keadilan untuk semua orang," kata Billy.

Dalam kampanye perdananya pada Selasa (28/11) di Bogor, Jawa Barat, capres Anies Baswedan mempromosikan program kemudahan syarat KPR bagi pekerja mandiri dan informal dengan menyesuaikan situasi perekonomian warga. Program tersebut kembali digaungkan Anies saat berkampanye di Bandung, Jawa Barat, Rabu.