Apa Itu Bintang Jalasena Pratama: Berikut Penjelasan Serta Tingkatan Kelasnya
Apa Itu Bintang Jalasena Pratama (ANTARA)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Presiden Repubik Indonesia, Joko Widodo pernah memberikan Bintang Jasa Jalasena pada 53 awak kapal selam KRI Nanggala yang telah gugur dalam tugasnya. Lantas, apa itu Bintang Jalasena Pratama? Berikut penjelasannya.

Pengertian Bintang Jalasena

Sebelum membahas jauh terkait Bintang Jalasena Pratama alangkah baiknya kita untuk membahas Bintang Jalasena secara keseluruhan. Pasalnya, Bintang Jalasena merupakan tanda kehormatan yang diberikan oleh pemerintah Indonesia. Tujuannya ialah untuk menghormati prajurit atas jasanya yang luar biasa demi pembangunan dan kemajuan TNI Angkatan Laut. Sejarahnya, penghargaan ini diresmikan pada tahun 1968. Pasalnya, bintang ini tepat satu level dibawah Bintang Yudha Dharma.

Penghargaan Bintang Jalasena ini dinobatkan pada mereka yang telah memberikan kebijaksanaan, kemampuan, serta jasa yang luarbiasa, melebihi kewajiban demi perkembangan TNI Angkatan Laut. Tak hanya prajurit saja, penghargaan ini bisa diberikan pada warga sipil yang mempunyai syarat tersebut.

Bintang Jalasena Utama

Bintang Jalasena Utama merupakan kelas kesatu dari Bintang Jalasena. Ciri kehormatan kelas ini setara dengan Bintang Kartika Eka Paksi Utama, Bintang Swa Bhuwana Paksa Utama, serta Bintang Bhayangkara Utama. Pada kelas ini, tanda kehormatan yang ada terdiri atas kalung, patra, serta miniatur. Selaku pemberi tanda kehormatan, Presiden Indonesia secara langsung bakal menerima Bintang Jalasena Utama.

Bintang Jalasena Utama berupa bintang bersudut 8 yang keseluruhannya berupa emas. Dari kedelapan sudutnya, ada 4 sudut yang ujungnya berbentuk bulatan. Di antara sudut-sudut tersebut ada hiasan berwujud 3 buah gerigi. Di bagian tengah atas bintang ada 7 belas rantai yang melingkar serta Garuda Pancasila di bawahnya.

Pas di tengahnya ada lambang Angkatan Laut yang diapit 45 bulir padi serta 17 buah kapas. Di bagian tengah bawah bintang ada tulisan melingkar "Jalesveva Jaya Mahe". Bintang ini dikaitkan ke pita kalung serta miniaturnya dengan pengait bercorak emas yang berupa 5 bunga melati dengan 2 daun di tiap bunganya. Pita kalung serta miniatur kelas ini bercorak dasar biru laut dengan 6 lajur merah serta 5 lajur putih yang bersusun selang- seling di tengahnya.

Apa Itu Bintang Jalasena Pratama

Penghargaan Bintang Jalasena Pratama merupakan kelas kedua dari bintang jalasena utama. Tanda kehormatan ini selevel dengan Bintang Kartika Eka Paksi Pratama, Bintang Bhayangkara Pratama dan Bintang Swa Bhuwana Paksa Pratama. Umumnya, di tingkatan ini kehormatannya berupa lencana dan miniature.

Bintang Jalasena Pratama sendiri punya bentuk yang serupa dengan Bintang Jalasena Utama, namun, sinar-sinar bintangnya berupa silver alias perak. Miniatur dan pita lencana kelas ini berwarna dasar biru laut, disertai lima lajur merah dan empat lajur putih yang tersusun selang-seling tepat di tengahnya.

Bintang Jalasena Nararya

Bintang Jalasena Nararya merupakan urutan terakhir dari Bintang Jalasena. Ciri kehormatan kelas ini setara dengan Bintang Kartika Eka Paksi Nararya, Bintang Swa Bhuwana Paksa Nararya, serta Bintang Bhayangkara Nararya. Sama seperti Bintang Jalasena Pratama, kelas ini cuma terdiri atas lencana serta miniatur saja.

Bintang Jalasena Nararya mempunyai wujud yang sama dengan Bintang Jalasena Pratama namun segala bagiannya bercorak perak. Pita lencana serta miniatur kelas ini berupa desar biru laut dengan 4 lajur merah serta 3 lajur putih yang bersusun selang-seling di tengahnya.

Jadi setelah mengetahui penjelasan tentang apa itu Bintang Jalasena Pratama, ada baiknya kalian melihat lagi beberapa berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!