Alasan Ganjar Pilih Sabang-Merauke Jadi Lokasi Kampanye Pertama: Simbol Persatuan
Ganjar Pranowo saat berkampanye di Desa Waninggap Nango (Foto: Antara/Abdu Faisal)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Pasangan Capres dan cawapres nomor urut tiga Ganjar Pranowo-Mahfud MD memulai masa kampanye di lokasi berbeda. Di hari pertama kampanye, Ganjar bersafari di Merauke, Papua sebagai provinsi paling Timur di Indonesia. Sementara Mahfud berkampanye di Sabang, Aceh. Lantas, apa alasan Ganjar pilih Sabang-Merauke jadi lokasi kampanye pertama?

Alasan Ganjar Pilih Sabang-Merauke Jadi Lokasi Kampanye Pertama

Ganjar Pranowo mengungkap alasannya dipilihnya Sabang dan Merauke sebagai lokasi pertama.

Dikatakan Ganjar, makna dipilihnya dua tempat di ujung barat dan timur Indonesia itu untuk menunjukkan persatuan Indonesia, seperti yang tertera pada sila ketiga Pancasila.

Eks Gubernur Jawa Tengah itu berharap dua titik ini bisa menjadi awal untuk meraih kemenangan di Pilpres 2024.

“Kami sengaja memilih 2 titik di Indonesia yang satu di ujung timur di mana matahari terbut, yang satu di ujung barat, karena kami ingin persatuan Indonesia seperti sola ke-3,” ucap Ganjar di Desa Waninggap Nanggo, Distrik Semangga, Merauke, Papua Selatan, Selasa, 28 November 2023.

Ganjar lantas menjelaskan alasan memiliki desa sebagai lokasi pertama kampanye. Menurutnya, desa merupakan tempat berkumpulnya masyarakat.

“Kenapa kami memilih desa? Karena sejatinya di sinilah masyarakat kita banyak berkumpul,” terang Ganjar.

Selanjutnya, Ganjar bercerita tentang perjalanan menuju Kampung Waninggap Nanggo, infrastruktur jalan ternyata tidak sesuai harapan warga.

Dia mengucapkan terima kasih kepada kepala suku yang mengingatkan dirinya supaya Pembangunan jalan di tempatnya bisa menjadi prioritas.

“Kepala suku menyampaikan kepada saya, selamat datang jalannya bagus sekali. Sebuah pernyataan yang sangat sopan, sangat bagus, dan tidak perlu kami jawab. Tapi kami melewati jalan itu dan kami merasakan itu,” kata Ganjar.

Ganjar Pranowo Promosikan Program Satu Desa Satu Puskesmas

Mengutip Antara, ketika berkampanye di Desa Waninggap Nango, Ganjar Pranowo meyampaikan kembali rencana program kerja ‘satu desa satu puskesmas.

“Fasilitas kesehatan menjadi bergitu penting, satu desa setidaknya ada satu Puskesmas Pembantu. Fasilitas kesehatan dengan satu paket, Syukur-syukur satu dokter, maka itu akan mampu menyelesaikan persoalan transportasi dan konektivitas yang bisa membikin kemudahan bagi warga berobat,” tutur Ganjar.

Pernyataan itu disampaikan Ganjar usai menyimak kesulitan masyarakat di RT03 Kampung Kondo, Kabupaten Merauke, tepatnya di Dusun Korkari yang berbatasan langsung dengan negara Papua Nugini.

Menurut tokoh pemuda setempat, Pendeta Leonard Batfeny bahwa ibu-ibu hamil kesulitan saat hendak melahirkan di lingkungannya karena tidak adanya fasilitas kesehatan, minimal berupa puskesmas pembantu.

"Yang dibutuhkan adalah rumah kesehatan. Kami tidak akan berjanji dan tidak akan menjanjikan, tapi percayalah kami akan mengkomunikasikan agar nantinya ada tangan-tangan baik dengan nilai gotong royong yang mudah-mudahan bisa membantu membukakan puskesmas pembantu di Dusun Korkari," kata Ganjar.

Ganjar juga menjadikan cerita Pendeta Leonard sebagai catatan penting untuk pemerintah di masa depan, bagaimana bertindak cepat mengatasi kesulitan masyarakat di tengah keterbatasan yang dimiliki.

"Pendeta Leonard membantu proses persalinan dengan bekal ilmu yang hanya dipelajarinya lewat Youtube, tentu ini suatu catatan bagi kita bahwa pemerintah harus hadir untuk mengatasi persoalan masyarakat," kata Ganjar.

Untuk membuktikan komitmennya, Ganjar pun menyerahkan dua buah alat kesehatan kepada Ketua Adat berupa kotak P3K dan alat pengukur tekanan darah sebagai simbol.

Sebagai informasi, Distrik Semangga merupakan titik pertama yang disambangi Ganjar Pranowo selama kampanye di daerah paling timur Indonesia.

Dalam kampanye tersebut, Ganjar Pranowo didampingi oleh sejumlah pengurus Tim Pemenangan Nasional (TPN), seperti Wakil Ketua TPN Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi, Jenderal TNI (Purn) Andika Perkasa, Direktur Hukum Ronny Talapessy hingga Deputi Politik 5.0 Ronny Talapessy.

Demikian informasi tentang alasan Ganjar pilih Sabang-Merauke jadi lokasi kampanye pertama. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.