Bagikan:

JAKARTA - Ketua Komisi Pemilhan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari meyakini bahwa tensi politik dalam persaingan kontestasi Pilpres 2024 tidak akan begitu memanas.

Sebab, menurut dia, sebagian kandidat pilpres merupakan seorang menteri di kabinet pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Hal ini merujuk pada Prabowo Subianto yang menjabat Menteri Pertahanan dan Mahfud MD yang menjabat Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam).

"Kami meyakini bapak-bapak para peserta pemilu presiden para calon presiden wakil presiden ini bersahabat semua berteman dan semua bersaudara. Bahkan dalam kabinet yang sama dalam satu periode yang sama," kata Hasyim dalam kegiatan Deklarasi Kampanye Damai Pemilu 2024 di kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Senin, 27 November.

Selain itu, Hasyim menyinggung kandidat pilpres lainnya juga sedang atau pernah mengemban jabatan sebagai kepala daerah.

Mereka adalah Anies Baswedan yang merupakan mantan Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022, Ganjar Pranowo sebagai mantan Gubernur Jawa Tengah periode 2013-2023, dan Gibran Rakabuming Raka yang masih menjabat Wali Kota Solo.

"Sama-sama punya dan tahu persis program-program dalam satu periode, sama-sama pernah punya pengalaman sebagai kepala daerah yang pada intinya beliau semua ini adalah aktif di pemerintahan," urai Hasyim.

"Dengan demikian, sindir menyindir juga saya kira pasti akan sedikit berkurang karena sama-sama tahu titik lemah dan titik kuat masing-masing," lanjutnya.

KPU telah menetapkan masa kampanye pemilu yang akan berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024.

Hari ini, ketiga pasangan capres-cawapres dan partai politik peserta Pemilu 2024 membacakan komitmen mereka untuk berkampanye secara damai.

Pembacaan deklarasi dipandu oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari di halaman Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat.

Setelah pembacaan deklarasi, semua peserta pemilu baik pasangan capres-cawapres dan pimpinan parpol membubuhkan tanda tangannya pada plakat yang memuat narasi deklarasi kampanye damai Pemilu 2024.

Berikut adalah isi naskah deklarasi kampanye damai Pemilu 2024:

1. Mewujudkan pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, dan adil.

2. Melaksanakan kampanye pemilu yang aman, tertib, damai, berintegritas, tanpa hoaks, tanpa politisasi sara, dan tanpa politik uang.

3. Melaksanakan kampanye pemilu berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.