Bagikan:

JAKARTA - Korlantas Polri meninjau Pelabuhan Jangkar Kabupaten Situbondo dan Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur. Tujuannya, memastikan manajemen lalu lintas berjalan baik dalam rangka persiapan pengamanan Operasi Lilin menjelang Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023-2024.

“Kami survei yang ketiga menuju daerah khusus Ketapang melihat data yang disampaikan oleh Menteri Perhubungan bahwa pergerakan untuk masyarakat nanti yang akan menggunakan kendaraan darat dan mode transportasi yang lain tetap didominasi oleh angkutan darat, dan Bali menjadi destinasi salah satunya sehingga kita perlu hari ini melihat kesiapan Ketapang,” ujar Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi dalam keterangannya, dikutup Jumat, 24 November.

Peninjauan dilakukan juga untuk mengantisipasi terjadinya terjadinya permasalahan jelang Natal dan Tahun Baru 2023-2024. Satu di antaranya penumpukan penumpang maupun kendaraan.

“Tadi catatan yang kita terima bahwa pelabuhan di jangkar ini juga akan menjadi salah satu opsi tambahan sebagai pelabuhan untuk memecah arus kendaraan yang akan menyeberang dari Ketapang selama ini Baik ke Gilimanuk maupun ke Lembar,” ungkapnya.

Firman juga mengimbau masyarakat agar berkendara dengan toleransi dan tanggung jawab menghormati pihak-pihak lain. Sehingga, tak terjadi permasalahan atau hal-hal yang tidak diinginkan terjadi selama perjalanan.

“Dalam berlalu lintas itu tidak hanya cukup bisa mengemudikan kendaraan bermotor semua pengalaman yang ada harus jadi evaluasi bahwa di lalu lintas harus ada toleransi tanggung jawab hak itu semua harus diperhatikan Jadi bukan orang menonjolkan kepentingannya tapi juga ada pihak-pihak lain yang harus dihormati,” kata Firman.