Bandara Samrat Siap Hadapi Lonjakan Kedatangan Penumpang saat Nataru
GM Bandara Samrat Maya Damayanti, di Manado, Sulut, Sabtu (25/11/2023). (Dok. ANTARA/Nancy L Tigauw)

Bagikan:

MANADO - Salah satu bandara tersibuk saat libur Natal dan Tahun Baru adalah Bandara Sam Ratulangi (Samrat) Manado, Sulawesi Utara. Untuk mengantisipasi momen ini, PT Angkasa Pura I mengaku telah siap menghadapi lonjakan penumpang maupun barang di libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

"Untuk persiapan menghadapi natal, Bandara Samrat sudah sangat siap, baik personel maupun sarana lainnya," kata General Manager (GM) Bandara Samrat Maya Damayanti, di Manado, Sabtu.

Jadi, katanya lagi, kesiapan dari sisi sumber daya manusia (SDM) dan semua peralatan yang diperlukan telah dilakukan.

Maya mengatakan pihaknya juga akan membentuk posko natal dan tahun baru, untuk memberikan pelayanan prima kepada semua tamu dan pengguna Bandara Samrat.

Ia menjelaskan selain personel internal PT Angkasa Pura I (Persero), juga terdapat personel eksternal, yakni Dishub Provinsi Sulut, Kantor Otoritas Bandara Wilayah VIII Manado, Airnav Indonesia, TNI AU Manado, TNI AL Manado, Polsek Kawasan Bandara, BMKG, KKP, Basarnas, PT Jasindo, Airlines, dan ground handling.

Dengan koordinasi yang baik ini, katanya pula, diharapkan semua berjalan dengan lancar dan aman.

“Sampai saat ini, belum ada penambahan penerbangan karena masih mampu memenuhi permintaan masyarakat,” tambahnya, dilansir ANTARA, Sabtu, 25 November.

Namun, katanya lagi, pihaknya akan terus memantau dan berkoordinasi jika terdapat lonjakan yang tinggi, kemungkinan akan ada.

Bandara Samrat sebagai pintu gerbang masuknya para tamu wisatawan nusantara dan mancanegara, akan terus memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat.