Bagikan:

HUMBAHAS - Bencana tanah longsor melanda kawasan Dusun Situasi, Desa Hau Agong, Kecamatan Pakkat, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara pada Selasa kemarin.

Akibat tanah longsor tersebut, dua orang tewas dan enam orang luka-luka tertimpa material bangunan rumah dan tertimbun tanah.

Kondisi lokasi pascalongsor terjadi. Tampak tumpukan tanah memenuhi dan menutup badan jalan. Terlihat juga tiang listrik berukuran besar tumbang akibat bencana longsor tersebut.

Petugas gabungan dari TNI-Polri bersama tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (PBPB) dan pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan langsung menuju lokasi longsor dan melakukan evakuasi terhadap para korban yang tertimbun material longsoran.

Dibantu warga, petugas gabungan tersebut berhasil menyelamatkan enam orang yang sempat tertimbun material rumah dan langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat.

Sementara dua orang lainnya saat ditemukan dalam kondisi meninggal dunia yang juga tertimbun longsoran tanah.

Korban tewas diketahui wanita dewasa, yakni Masta Hutagalung dan Poibe Tamba.

Menurut Wakil Bupati Humbang Hasundutan Oloan Paniaran Nababan, peristiwa longsor tersebut terjadi sekira pukul 06.30 WIB pagi di saat sebagian warga tengah tertidur.

Tiba-tiba tanah yang ada di bukit mengalami longsor dan menimpa sedikitnya tiga rumah di kawasan tersebut.

"Yang jelas pada pukul 06.30 WIB longsor terjadi dan menimpa rumah warga. Rumah yang terkena longsoran ada tiga rumah, tetapi yang parah dua rumah," kata Oloan.

"Korban meninggal ada dua orang, yakni boru Tamba dan boru Hutagalung. Pada pukul 14. 30 WIB sore tadi para jenazah berhasil ditemukan dan dievakuasi menggunakan alat berat, " sambungnya.

Korban selamat yang berjumlah enam orang telah dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah Dolok Sanggul untuk mendapatkan perawatan medis secara intensif lantaran menderita luka yang cukup serius di bagian kepala dan tubuh.

Sementara itu, Jalan Lintas Pakkat Parlilitan, Kecamatan Pakkat, Kabupaten Humbang Hasundutan yang awalnya tertutup material tanah longsoran Rabu pagi sudah bisa dilalui oleh kendaraan.