Ribuan Warga Singkawang Juga Turun dalam Aksi Bela Palestina
Ilustrasi (ANTARA)

Bagikan:

PONTIANAK - Ribuan warga ikut berpartisipasi dalam aksi bela Palestina yang dilaksanakan di halaman Mess Daerah Singkawang di Kota Singkawang, Provinsi Kalimantan Barat, Sabtu.

Penjabat Wali Kota Singkawang Sumastro, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Singkawang Muchlis AR, dan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Singkawang Abdul Halim juga hadir dalam Aksi Singkawang untuk Palestina.

Aksi tersebut meliputi pembentangan bendera Palestina berukuran 3x30 meter serta doa bersama bagi rakyat Palestina yang sedang menghadapi serangan dari penjajah Israel.

Dalam kegiatan itu, panitia juga mengumumkan hasil penggalangan bantuan dana untuk rakyat Palestina yang dilakukan oleh organisasi-organisasi kemasyarakatan.

Menurut panitia, sumbangan dana yang terkumpul untuk membantu rakyat Palestina mencapai Rp82.562.500.

Penjabat Wali Kota Singkawang kemudian menambah bantuan dana tersebut sehingga menjadi genap Rp100 juta dan anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kota Singkawang ikut menambahnya sampai menjadi Rp125 juta.

Bantuan dana yang terkumpul diserahkan ke Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Singkawang untuk disampaikan ke BAZNAS Pusat dan selanjutnya disalurkan ke Palestina.

Pada akhir aksi, seorang ibu bernama Tiara memberikan liontin untuk membantu rakyat Palestina.

"Saya berharap saudara-saudara kita di Palestina cepat merdeka dan tidak lagi dijajah oleh bangsa lain seperti sekarang ini," kata warga Kelurahan Bukit Batu itu sambil meneteskan air mata.

Panitia Aksi Singkawang untuk bela Palestina Muhammad Tahyat bersyukur aksi yang diinisiasi oleh beberapa organisasi kemasyarakatan di Kota Singkawang tersebut berjalan dengan baik.

"Meski persiapan kegiatan sangat mepet alhamdulillah aksi ini berjalan dengan lancar dan sukses, bahkan dihadiri Forkopimda," katanya.