Bagikan:

BOGOR - Hujan deras yang melanda Kota Bogor menyebabkan tebingan yang ada di Jalan Raya Batutulis, Kecamatan Bogor Selatan longsor pada Kamis, 16 November sore.

Imbasnya, arus lalu lintas di Jalan Raya Batutulis hanya bisa digunakan satu lajur oleh kendaraan.

Informasi yang dihimpun, kejadian longsor ini terjadi sekitar pukul 17:00 WIB. Di mana, saat kejadian kondisi tengah dilanda hujan deras.

Sementara, lokasi tebingan yang mengalami longsor ini terjadi di lokasi longsoran yang sama pada Maret 2023 lalu. Namun, kali ini longsoran terjadi cukup parah, hingga membuat arus lalulintas hanya bisa digunakan satu lajur.

Adapun, imbas kejadian tebing longsor ini, Jalan Raya Batutulis hingga Jalan Saleh Danasasmita ke arah Cipaku-Pamoyanan mengalami kepadatan arus lalulintas.

Satlantas Polresta Bogor Kota memberlakukan rekayasa lalulintas di Jalan Raya Batutulis, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor mulai Kamis sore.

KBO Lantas Polresta Bogor Kota, Ipda Damela mengatakan, untuk arus lalulintas kita lakukan rekayasa terbatas. Arus lalulintas dari Cipaku mengarah ke Batutulis masih dapat berjalan.

"Namun untuk arus lalulintas dari Sukasari-Lawang Gintung mengarah ke Cipaku kami alihkan ke Jalur BNR," kata Damela.

KBO Lantas Polresta Bogor Kota mengakui, kondisi Jalan Raya Batutulis ada yang mengalami retak-retak. Namun, berdasarkan rekomendasi sementara di lokasi, jalan masih bisa dilintasi kendaraan satu lajur.

"Rekomendasi sementara di lokasi ini kita lihat masih bisa dilintasi satu lajur. Kalau di normalkan tidak mungkin, karena khawatir apabila ada beban dari kendaraan roda empat, menyebabkan pergeseran kembali atau longsor susulan," beber Ipda Damela.

Pun demikian, penutupan arus lalu lintas bisa saja dilakukan apa bila dilakukan pengerjaan perbaikan jalur tersebut.