Bagikan:

JAKARTA - Spanyol U-17 keluar sebagai juara Grup B Piala Dunia U-17 2023 sekaligus melangkah ke babak 16 besar. Sang pelatih, Jose Maria Lana, mengaku puas dengan pencapaian tim dan bersiap untuk tantangan selanjutnya.

Keberhasilan La Rojita, julukan Spanyol U-17, mengamankan status juara grup tak lepas dari hasil akhir mereka kala menghadapi Uzbekistan U-17.

Tampil di Stadion Manahan, Solo, pada Kamis 16 November 2023 malam WIB, mereka berhasil menahan seri Uzbekistan U-17 dengan skor 2-2.

Total, Spanyol U-17 telah mengoleksi tujuh poin dari tiga laga. Sebelumnya, mereka juga menang 2-0 di laga perdana melawan Kanada U-17 dan mampu menekuk Mali U-17 dengan skor 1-0.

Terkait semua hasil pertandingan fase grup, Jose Maria mengaku sangat puas dengan apa yang telah ditampilkan tim.

Setelah ini sang pelatih menegaskan skuadnya akan segera mempersiapkan diri untuk menghadapi pertandingan 16 besar.

Apalagi, kata sang pelatih, pertandingan babak gugur pasti akan lebih sulit karena lawannya merupakan tim-tim kuat di masing-masing grup.

“Sangat puas (bisa ada di posisi pertama di grup) dan babak selanjutnya akan menjadi pertandingan dengan tim-tim yang tangguh. Karena itu, pemain harus berkembang sekaligus belajar dari pertandingan yang sudah dijalani hingga mereka akan menjadi pemain senior nanti,” kata Jose Maria Lana seusai laga dari keterangan tertulis pada Kamis, 16 November 2023.

Soal pertandingan terakhir melawan Uzbekistan U-17, Jose Maria Lana tak menampik jika anak asuhnya bermain dengan bagus di babak pertama.

Meski pada akhirnya mereka tak bisa mempertahankan situasi, sang pelatih mengatakan pertandingan tersebut bisa menjadi pembelajaran bagi para pemain.

“Tim sedikit gugup, tetapi akhirnya bisa kembali pulih. Ini adalah pertandingan semua pemain terbaik dunia. Mereka bermain di sini sehingga menjadi momen yang tepat bagi pemain untuk belajar. Semua sudah bermain dengan baik dan akan memberikan yang terbaik,” tutup Jose Maria Lana.