ADMM Plus ke-10 Sambut Keikutsertaan Menhan Timor Leste
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memimpin pertemuan ke-10 ASEAN Defence Ministers’ Meeting (ADMM) Plus di Jakarta, Kamis (16/11/2023). ANTARA/Hafidz Mubarak A.

Bagikan:

JAKARTA - ASEAN Defence Ministers’ Meeting (ADMM) Plus Ke-10 di Jakarta, menyambut kehadiran Menteri Pertahanan Timor Leste Donaciano Do Rosario Da Costa Gomes yang untuk pertama kalinya mengikuti rangkaian pertemuan ADMM Plus sebagai pengamat (observer).

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang memimpin pertemuan ke-10 ADMM Plus, menyebut kehadiran Menhan Timor Leste dalam forum Menhan se-ASEAN dengan menhan dari delapan negara mitra ASEAN itu merupakan momentum untuk mewujudkan diskusi yang konstruktif, yang ditujukan untuk kepentingan bersama.

“Saya ingin menyampaikan kepada para menteri hari ini, Menteri Pertahanan Timor Leste diterima untuk pertama kalinya bergabung dalam forum ADMM Plus, dan ini merupakan momentum setelah disahkan panduan untuk status observer Timor Leste di ADMM, ADMM Plus, dan pertemuan terkait lainnya,” kata Menhan Prabowo saat membuka ADMM Ke-10 di Jakarta dilansir ANTARA, Kamis, 16 November.

Dalam pertemuan ke-10 ADMM Plus di Jakarta, seluruh menteri pertahanan ASEAN, kecuali Myanmar, hadir.

Para menteri negara-negara ASEAN yang hadir yaitu, Menhan Kamboja/Wakil Perdana Menteri (PM) Kamboja Jenderal Tea Seiha; Menhan Laos/Wakil PM Laos Jenderal Chansamone Chanyalath; Menhan Singapura Ng Eng Hen, Menhan Filipina Gilberto C. Teodoro, Jr.

Hadir pula Menhan Malaysia Dato Seri Utama Haji Mohamad bin Haji Hasan; Menhan Thailand Sutin Klangsang; Menhan Vietnam Jenderal Phan Văn Giang; dan Menhan II Brunei Darussalam Pehin Datu Lailaraja Mayor Jenderal (Ret) Dato Paduka Seri Haji Awang Halbi bin Haji Mohd Yussof.

Sementara itu, Timor Leste, yang statusnya masih sebagai pengamat dalam ADMM ke-17, diwakili oleh Menhan Donaciano Do Rosario Da Costa Gomes.

Dari jajaran delapan negara mitra ASEAN, menteri pertahanan/perwakilan mereka yang hadir secara langsung di ADMM Plus Ke-10, yaitu Menteri Industri Pertahanan Australia Pat Conroy, Wakil Kepala Staf Gabungan Komisi Militer Pusat China Marsekal Madya Jing Jianfeng, dan Menteri Pertahanan India Shri Rajnath Singh.

Ada pula Menteri Pertahanan Korea Selatan Kim Seonho, Wakil Menteri Pertahanan Selandia Baru Richard Anthony Schmidt, Menteri Negara Urusan Pertahanan Jepang Miyazawa Hiroyuki, Wakil Menhan Rusia Kolonel Jenderal/Letnan Jenderal Alexander Fomin.

Kemudian, Sekretaris Jenderal ASEAN Kao Kim Hourn juga menghadiri secara langsung pertemuan ke-10 ADMM Plus.

Dalam pertemuan itu, beberapa agenda yang dibahas salah satunya adopsi joint statement (pernyataan bersama) ADMM Plus tentang perempuan, perdamaian, dan keamanan.