Menhan Prabowo Optimistis ASEAN Punya Kekuatan Rawat Perdamaian
Menhan Prabowo Subianto menerima kunjungan delegasi pejabat senior bidang pertahanan ASEAN (ADSOM) dan negara-negara mitra ASEAN (ADSOM-Plus) /ANTARA/HO-Kementerian Pertahanan

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto optimistis Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) mempunyai kekuatan untuk merawat perdamaian di kawasan.

Prabowo menjelaskan keyakinan itu ada karena negara-negara yang tergabung dalam ASEAN-Plus mempunyai kepentingan yang sama untuk menjaga kawasan tetap stabil dan tidak berlarut-larut dalam konflik.

"Saya yakin dan optimistis kekuatan ASEAN dapat menciptakan perdamaian. Kunci dari kemakmuran suatu bangsa adalah kerja sama dan kemampuan dalam memelihara perdamaian," kata Prabowo saat menerima delegasi pejabat senior Kementerian Pertahanan Negara-Negara ASEAN (ADSOM) dan negara-negara mitra (ADSOM-Plus) dilansir ANTARA, Rabu, 3 Agustus.

Selain pejabat senior pertahanan dari 10 negara ASEAN, dalam pertemuan itu juga ada perwakilan dari delapan negara mitra, yaitu Australia, Amerika Serikat, China, India, Jepang, Selandia Baru, Korea Selatan, dan Rusia.

Kunjungan para delegasi menemui Menhan Prabowo merupakan rangkaian kegiatan para pejabat pertahanan itu selama pertemuan ADSOM dan ADSOM-Plus di Jakarta.

Hasil pertemuan para pejabat senior itu yang nantinya dibahas kembali dan disepakati saat pertemuan tingkat menteri pertahanan ASEAN, yaitu ADMM Ke-17 dan ADMM-Plus Ke-10 di Jakarta pada November 2023.

"Saya sangat mengapresiasi kehadiran dan dukungan Anda untuk kegiatan ini. ADSOM dan ADSOM-Plus diadakan untuk mempersiapkan ADMM Ke-17 dan ADMM-Plus Ke-10 yang telah dijadwalkan," kata Prabowo kepada para delegasi.

Pertemuan tingkat menteri sektor pertahanan ASEAN dan ASEAN-Plus itu bakal dibuka dan dipimpin langsung oleh Menhan RI mengingat Indonesia pada tahun ini memegang keketuaan ASEAN.

Rangkaian pertemuan ADSOM dan ADSOM-Plus berlangsung di Jakarta, Rabu, dipimpin Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan RI Marsekal Madya TNI Donny Ermawan Taufanto.

"Saya sangat senang dan merasa terhormat untuk memimpin kegiatan ADSOM tahun ini. Sejalan dengan peran Indonesia sebagai Ketua Pertemuan Menteri Pertahanan ASEAN 2023 dengan tema 'Perdamaian, Kemakmuran dan Keamanan'. Saya ingin menegaskan kembali komitmen Indonesia untuk mendorong perdamaian, dan keamanan di kawasan dan sekitarnya. Tema ini juga mencerminkan komitmen bersama kami untuk mendorong stabilitas dan kesejahteraan di seluruh kawasan," kata Donny

Dia menjelaskan pertemuan itu menunjukkan ASEAN mendukung kerja sama yang disepakati dalam pertemuan ASEAN Defence Senior Officials’ Meeting Working Group (ADSOM WG).

"Saya optimistis dengan bekerja sama dan menempatkan persatuan ASEAN sebagai prioritas utama, kita dapat mengesampingkan perbedaan dengan tetap menjaga kepentingan nasional masing-masing negara. Dengan demikian, kita akan lebih siap menghadapi tantangan ke depan," katanya.

Terkait