Sekjen PDIP: Nomor Urut 3 Paslon Ganjar-Mahfud Bermakna Trisula Weda
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (tengah). (Tsa Tsia-VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengungkapkan makna nomor urut 3 pasangan calon (paslon) Ganjar Pranowo-Mahfud MD dalam Pilpres 2024 ialah Trisula Weda.

"Ada yang mengatakan (nomor urut) 3 ini Trisula Weda, yang artinya lambang lurus, benar, dan jujur," kata Hasto usai rapat Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud di Jakarta, Rabu 15 November, disitat Antara.

Menurut Hasto, Trisula Weda juga merangkum sejarah kepemimpinan Ganjar Pranowo.

"Kemudian, bersama Prof. Mahfud MD untuk menjawab berbagai persoalan-persoalan kebangsaan kita saat ini," kata Hasto.

Sebelumnya, Ganjar Pranowo mengaku senang mendapatkan nomor urut 3 pada Pilpres 2024, karena itu sesuai dengan sila ketiga Pancasila, Persatuan Indonesia.

"Jadi, kami mendapatkan nomor 3. Itu pas, sesuai dengan sila ketiga Persatuan Indonesia. Kami satukan semuanya dalam proses politik yang menggembirakan," kata Ganjar usai pengundian nomor di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa malam 14 November.

KPU menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024; yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD di nomor urut 3.

Masa kampanye Pemilu 2024 berlaku mulai tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.