Alat Peraga Nomor Urut Prabowo-Gibran Paling Beda, Salam 2 Jari dengan Tulisan 'Gemoy'
Pasangan calon tunjukan plakat nomor urut (Foto: DOK VOI/Diah Ayu)

Bagikan:

JAKARTA - Ketiga pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) ternyata sudah menyiapkan atribut sesuai dengan nomor urut yang baru diundi di kantor KPU RI.

Dalam sesi foto bersama, Prabowo Subianto-Gubran Rakabuming Raka membawa atribut berbentuk salam dua jari berwarna biru yang tertera angka dua. Alat peraga ini kreatif karena bertuliskan 'Gemoy'.

Tak lama, Ganjar Pranowo-Mahfud MD juga membawa atribut foto mereka, berlatar warna hijau, disertai tulisan nomor tiga.

Tak mau kalah, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar juga memamerkan atribut foto keduanya berlatar warna putih disertai tulisan "1 AMIN". Atribut-atribut tersebut diangkat oleh tiap pasangan calon.

Hari ini, Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) telah melakukan pengundian nomor urut untuk Pilpres 2024.

Hasilnya, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar mendapat nomor urut satu, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka mendapat nomor urut dua, serta Ganjar Pranowo dan Mahfud MD mendapat nomor urut tiga.

Ketika membuka tabung yang berisi nomor urut tersebut, para pasangan capres-cawapres kompak memberi salam jari. Anies-Cak Imin mengacungkan jari telunjuk, Prabowo-Gibran mengacungkan dua jari seperti simbol peace, dan Ganjar-Mahfud mengacungkan tiga jari seperti salam metal.

Mekanisme pengundian ini dibagi dalam dua tahap. Pengambilan nomor antrean untuk mengambil nomor urut dilakukan oleh cawapres. Cawapres yang mengambil nomor antrean pertama adalah yang melakukan pendaftaran lebih dulu ke KPU. Selanjutnya, pengambilan nomor urut pasangan calon dilakukan oleh capres.

Nomor urut yang didapat pasangan capres-cawapres langsung dicatat oleh Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari. Hasyim lalu membacakan penetapannya.

"Dengan demikian, nomor pasangan calon presiden dan wakil presiden untuk Pemilu Tahun 2024 adalah nomor urut satu untuk pasangan calon Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, nomor urut dua untuk pasangan calon Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, nomor urut tiga untuk pasangan calon Ganjar Pranowo dan Mahfud MD," urai Hasyim di kantor KPU RI, Selasa, 14 November.

Pasangan Anies-Muhaimin (AMIN) didukung parpol NasDem, PKB dan PKS. Ganjar-Mahfud didukung parpol PDI Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), dan Partai Hanura.

 

Sedangkan Prabowo-Gibran diusung/didukung Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Partai Garda Republik Indonesia (Garuda), dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).