Bagikan:

TANGERANG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi bila Jabodetabek akan memasuki musim hujan pada November 2023. Oleh sebab itu, BPBD Tangerang Selatan (Tangsel) melakukan mitigasi banjir.

Kasi Mitigasi BPBD Kota Tangsel, Essa Nugraha Sudjana mengatakan pihaknya telah membentuk tim reaksi cepat (TRC). Selain itu, pihaknya juga menbangun posko bencana di 10 keluarhan di Tangerang Selatan.

“Kelurahan tangguh bencana 10 kelurahan. (Disiapkan) Perahu karet 10 unit,tenda pengungsi 2 unit, mobil dapur umum 1 unit, sembako 1500 peket,” kata Essa dalam keterangannya, Selasa, 7 November.

Essa menuturkan telah menyiapkan puluhan satuan tugas (satgas) dalam antisipasi banjir pada tahun ini. Nantinya mereka akan ditempatkan di Posko terpadu BPBD Damkar Pamulang dan Pondok Aren.

“Satgas sudah di tempatkan di posko terpadu bpbd damkar di kecamatan pamulang dan Pondok aren,” ungkapnya.

Terlebih pihaknya melakukan kerja bakti bersama masyarakat untuk membersihkan drainase yang tersumbat. Selain itu pemasangan informasi dan rambu rawan bencana.

“Pelajari dan perhatikan rambu informasi bencana, dan segera laporkan ke call centre penanggulangan bencana 112 jika terjadi bencana,” tutupnya.