Petakan Wilayah Langganan Banjir di OKU Timur, BPBD Dirikan Posko Bencana
Personel BPBD OKU mengevakuasi korban banjir menggunakan perahu karet. (ANTARA/Edo Purmana/Arsip)

Bagikan:

SUMSEL - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mulai memetakan daerah rawan bencana banjir di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan (Sumsel).

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD OKU Timur, Budi mengatakan wilayah langganan banjir itu terdapat di Desa Baturaja Bungin dan Desa Sabah Lioh di Kecamatan Bunga Mayang.

"Pemetaan ini dilakukan sebagai salah satu langkah antisipasi bencana agar tidak menimbulkan korban jiwa," kata di Martapura, Jumat 1 Desember, disitat Antara.

Kemudian, banjir saat musim hujan kerap melanda Kelurahan Pasar Martapura dan Desa Tanjung Kemala Barat di Kecamatan Martapura, serta Desa Kurungan Nyawa, Buay Madang, Desa Muncak Kabau di Kecamatan BP Bangsa Raja.

Selain itu, Desa Mendayun di Kecamatan Madang Suku I dan Desa Gunung Jati di Kecamatan Cempaka juga dipetakan sebagai daerah rawan banjir jika dilanda hujan deras.

"Untuk Kecamatan Cempaka hampir seluruh wilayahnya sering terjadi banjir karena daerah ini berada di dataran rendah dan dekat dengan Daerah Aliran Sungai (DAS) Komering," tuturnya.

Sebagai upaya antisipasi, kata dia, BPBD OKU Timur telah mendirikan posko penanggulangan bencana agar banjir dapat ditanggulangi sedini mungkin, termasuk persiapan seluruh peralatan penanggulangan bencana seperti perahu karet dan tenda darurat untuk evakuasi korban bencana alam.

“Kami juga mengimbau masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan, terutama di sungai, dan tetap menjaga lingkungan untuk meminimalisir potensi banjir,” ujarnya.