Hujan Deras Sabtu Malam di Jakarta, 7 Pohon Tumbang Timpa Rumah hingga Mobil
Ilustrasi pohon tumbang (VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat tujuh pohon tumbang akibat hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di wilayah Jakarta pada Sabtu, 4 November malam.

Pohon tumbang di Jakarta Utara berada di Jalan Pegangsaan Dua; di Jakarta Barat berada di Jalan Wijaya Kusuma, di Jakarta Selatan berada di Jalan Bintaro Permai 3, Jalan Muria 3, dan Jalan Setia Budi Barat 1; di Jakarta Timur berada di Kantor Kecamatan Jatinegara dan Jalan Pamitra.

"Pohon tumbang sudah selesai ditangani oleh Damkar, Sudin Pertamanan, TRC BPBD, PLN, dan PPSU Kelurahan," kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji dalam keterangannya, Minggu, 5 November.

Akibatnya, pohon tumbang tersebut menimpa sejumlah bangunan dan fasilitas di Jakarta Barat dan Jakarta Selatan. Di antaranya kabel PLN, kontrakan, lapak, rumah tinggal, mobil, dan asrama.

Hujan pada Sabtu malam kemarin sempat menyebabkan kenaikan status Bendung Katulampa, Pos Depok, Pos Pesanggrahan, Pos Angke Hulu dan Pos Cipinang Hulu berada pada status Siaga 3 (waspada) per pukul pukul 21.00 WIB dan menyebabkan genangan di wilayah DKI Jakarta.

Sejumlah ruas jalan dan 7 RT sempat tergenang di Jakarta Selatan dan Jakarta Barat pada pukul 22.00 WIB. Ketinggian air mencapai 55 sentimeter.

"BPBD DKI Jakarta mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah dan mengkoordinasikan unsur Dinas SDA, Dinas Bina Marga, Dinas Gulkarmat untuk melakukan penyedotan genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik bersama dengan para lurah dan camat setempat," urai Isnawa.