Bagikan:

KEPRI - Hujan intensitas tinggi membuat rumah di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau (Kepri) mengalami kerusakan.Sejumlah pohon juga tumbang timpa rumah warga.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Natuna Zulheppy mengatakan cuaca ekstrem itu terjadi sejak pukul 07.00 WIB, Jumat 1 Desember.

"Beberapa rumah atapnya terbongkar terbawa angin," ucapnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat 1 Desember, disitat Antara.

Zulheppy mengatakan saat ini pihaknya bersama aparat TNI/Polri melakukan pembersihan jalan dan rumah yang tertimpa pohon tumbang.

"Data sementara ada juga pohon tumbang di Jalan Sihotang, Kecamatan Bunguran Timur, yang menimpa satu unit rumah warga. Kalau dilihat dari kondisinya tidak memungkinkan untuk ditempati malam ini," ujarnya.

Dia menambahkan, hujan deras di Natuna juga menyebabkan air sungai meluap. Akibatnya beberapa jalan digenangi air dan terpaksa ditutup agar tidak menimbulkan kecelakaan. "Jalan Sihotang ditutup sementara," katanya.

Sementara Kapolres Natuna AKBP Nanang Budi Santosa mengatakan, pihaknya menerjunkan personel Polres dan Polsek untuk siaga dalam menghadapi potensi bencana alam pada setiap wilayah di daerah itu.

"Polisi akan terus melakukan patroli di daerah rawan bencana untuk memastikan keamanan dan keselamatan masyarakat," ucapnya.

Ia mengimbau masyarakat untuk menghindari aktivitas yang berisiko tinggi saat cuaca ekstrem.

"Seperti nelayan agar tidak melaut jika cuaca ekstrem dan untuk masyarakat menghindari berada di dekat tebing yang mudah longsor atau pohon besar yang sewaktu-waktu tumbang diterpa angin kencang," ujarnya.