Imbauan Polisi untuk Warga Manado: Waspada Jalan Licin dan Pohon Tumbang
Personel polisi bersama komponen lainnya melakukan pembersihan pohon tumbang di Tinoor (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Kabid Humas Polda Sulawesi Utara (Sulut) Kombes Jules Abraham Abast mengingatkan warga untuk selalu hati-hati dalam membawa kendaraan dalam kondisi cuaca ekstrem saat ini dengan hujan deras dan angin kencang.

"Waspada jalan licin dan pohon tumbang, jika tidak ada keperluan, tidak usah bepergian keluar rumah, apalagi menggunakan kendaraan," kata Abast, di Manado, dilansir Antara, Senin, 18 Januari.

Akibat hujan deras disertai angin kencang pada sejumlah daerah di Sulut, terdapat beberapa titik pohon tumbang seperti di ruas jalan Manado-Tomohon pada Sabtu, 16 Januari, malam sekitar pukul 23.00 WITA.

Menindaklanjuti laporan warga terdapat dua pohon tumbang tersebut, personel Piket Polsek Tomohon Utara dipimpin Kapolsek Iptu Hence Supit langsung mendatangi tempat kejadian perkara (TKP) yang berada di Kelurahan Tinoor, tepatnya di kompleks RM Risoma Tinoor.

Kapolsek kemudian berkoordinasi dengan Balai Jalan Nasional, BPBD Kota Tomohon dan PLN untuk melakukan evakuasi bersama.

Pembersihan jalan dari pohon tumbang juga dibantu oleh Tim SAR Polda Sulut.

Peristiwa pohon tumbang ini sempat memutus arus lalulintas kendaraan dari Manado ke Tomohon, dan menyebabkan padamnya aliran listrik karena ada kabel PLN yang putus.

Pembersihan pohon tumbang yang pertama dan perbaikan kabel listrik berakhir pada Ahad (17/1) sekitar pukul 01.45 Wita, sedangkan pohon kedua yang tumbang tidak jauh dari lokasi pertama, dapat dievakuasi pada pukul 03.00 Wita.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, dan arus di jalur jalan tersebut kembali lancar.