Bantuan Kemanusiaan Baznas untuk Palestina Masuk Lanud Halim, Dilepas Jokowi Besok
Bantuan kemanusiaan Baznas telah tiba di gudang Landasan Udara Halim Perdana Kusuma Jakarta, Jumat (3/11/2023). (ANTARA/HO-BAZNAS RI)

Bagikan:

JAKARTA - Paket bantuan kemanusiaan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) untuk Palestina telah masuk dan diterima oleh pihak TNI Angkatan Udara (AU) di gudang Landasan Udara Halim Perdana Kusuma Jakarta.

Rencananya, bantuan kemanusiaan tersebut akan diterbangkan ke Palestina, Sabtu (4/11), dan dilepas langsung oleh Presiden Joko Widodo.

"Bantuan kemanusiaan ini merupakan tahap pertama. Selanjutnya Baznas akan mengirimkan langsung bantuan ke Palestina melalui jalur Rafah, Mesir, berkoordinasi dengan Kedutaan Besar RI di Kairo serta Palang Merah Mesir," ujar Pimpinan Baznas Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Saidah Sakwan dilansir ANTARA, Jumat, 3 November.

Saidah mengatakan bantuan tahap pertama ini berupa paket makanan, alat bantu disabilitas, paket musim dingin, family kit, serta hygiene kit.

Semua bantuan yang diangkut dengan enam truk besar itu kemudian diturunkan dengan forklift dan ditempatkan di gudang penyimpanan Lanud Halim Perdana Kusuma untuk digabungkan dengan bantuan lainnya.

Adapun bantuan logistik yang dikumpulkan seberat 21 ton ini atas kerja sama dengan sejumlah mitra LAZ dan perusahaan, seperti Baznas daerah, Laznas Yakesma, Rumah Zakat, JSIT Indonesia, Kitabisa.com, Attaqwa Putri Bekasi, Shopee, Ayobantu.com, Tokopedia, Bukalapak, dan Blibli.

Rencananya, kata Saidah, untuk pengiriman bantuan tahap kedua dalam bentuk pemenuhan kebutuhan obat-obatan warga.

Baznas juga sedang mempersiapkan dana dan sumber daya manusia (SDM) untuk membantu pemulihan dan pembangunan kembali infrastruktur di Palestina.

Saidah mengatakan bantuan tersebut masuk dalam tahapan ketiga dalam misi kemanusiaan yang akan dilakukan oleh Baznas RI, setelah tahap pertama mengirimkan logistik dan bantuan tahap kedua terkait kesehatan.

Baznas mengajak masyarakat Indonesia untuk berdonasi dan mendoakan keselamatan warga Palestina yang masih berada dalam agresi militer Israel. Bantuan dapat disalurkan melalui link baznas.go.id/sedekahduniaislam atau transfer ke rekening BSI 100.426.6893.