Bagikan:

JAKARTA - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Nono Sampono mengatakan DPD siap mengundang tiga bakal pasangan bakal calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang maju dalam Pilpres 2024.

"Hasil rapat pimpinan DPD hari Senin yang lalu kami bersepakat untuk mengirim surat ke KPU agar mengajak para kontestan presiden dan wapres ini untuk diundang oleh KPU untuk bertemu dengan DPD RI," kata Nono dalam acara Dialog Kenegaraan DPD di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat 3 November siang.

Dia menilai setiap capres-cawapres harus bertemu dengan DPD karena menjadi representasi dari daerah.

Selain mendatangi kampus-kampus, dia berharap tiga paslon itu bertemu dengan DPD yang lebih mengerti tentang kondisi di daerah-daerah.

"Kami ingin agar presiden ke depan mengerti akan kondisi daerah-daerah. Apa yang akan dia lakukan ke depan untuk kepentingan daerah-daerah yang terpencil, daerah-daerah yang masih terjadi ketinggalan keterbatasan," tuturnya.

Nono menegaskan bahwa DPD akan melihat masing-masing capres dan cawapres melalui gagasan dan konsep mereka, bukan dari partai atau koalisinya.

"Kita semua menghendaki yang terbaik, bukan mendukung dari partai A atau partai B. Kita lebih melihat apa konsepnya, apa gagasannya, apa yang akan dia lakukan, dan itu akan menjadi pembelajaran politik untuk masyarakat," tambahnya.

KPU telah menerima pendaftaran tiga bakal pasangan capres-cawapres untuk Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, Ganjar Pranowo-Mahfud Md dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.