Jangan Khawatir Sakit di IKN, 3 Rumah Sakit Bakal Berdiri di Ibu Kota RI Pengganti Jakarta
Presiden Jokowi saat meninjau pembangunan infrastruktur di Ibu Kota Nusantara (IKN), di Kabupaten PPU, Kaltim, Selasa, 25 Oktober 2022. (Laily Rachev-Biro Pers Sekretariat Presiden)

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyampaikan tiga rumah sakit (RS) unggulan bertaraf internasional bakal berdiri di Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur (Kaltim).

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengatakan, RS yang dibangun di wilayah IKN, yaitu RS Abdi Waluyo.

Menurut dia, Presiden Joko Widodo telah meresmikan pembangunan RS dengan nilai investasi Rp2 triliun tersebut pada September 2023.

Nadia menyampaikan RS kedua yang pembangunannya mulai dilaksanakan di IKN, yakni Mayapada Hospital Nusantara.

Presiden Jokowi didampingi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meresmikan pembangunan RS tersebut pada Rabu 1 November.

Nadia menembahkan, Kemenkes juga akan membangun rumah sakit vertikal bertaraf internasional di IKN.

"Rencananya Kemenkes juga akan membangun RS vertikal di IKN, saat ini sedang proses pembuatan desain," katanya.

Ia mengatakan, pembangunan RS tersebut ditargetkan rampung tahun 2024 dan bisa mulai digunakan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di wilayah IKN.

"Keberadaan rumah sakit-rumah sakit ini diharapkan kian mempermudah akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang paripurna di IKN," katanya.

"Dengan semakin banyak dan berkualitasnya pelayanan kesehatan di IKN, maka akses masyarakat terhadap layanan kesehatan paripurna makin dekat," ia menambahkan.

Nadia mengemukakan bahwa warga diharapkan tidak lagi pergi ke luar negeri untuk menjalani pengobatan karena fasilitas pelayanan kesehatan yang berkualitas juga tersedia di dalam negeri.