Belum juga Menjabat Wali Kota Solo Gibran Diwacanakan Maju Pilgub DKI, FX Rudy Anggap Terlalu Dini
Gibran Rakabuming Raka (DOK ANTARA)

Bagikan:

SOLO  - Wali Kota Surakarta, Jawa Tengah, FX Hadi Rudyatmo menilai munculnya wacana Gibran Rakabuming Raka maju di Pilgub DKI masih terlalu dini.

"Terlalu dini bicara itu. Belum dilantik kok (sebagai Wali Kota Surakarta), 'ben dilantik sik' (biar dilantik dulu)," katanya di Solo,  dikutip Antara, Kamis, 11 Februari.

Tapi FX Rudy tidak mempermasalahkan adanya wacana tersebut.

"Saya senang saja kalau ada yang menyampaikan seperti itu. Namun saya sebagai kader partai yang mengurus PDIP Kota Solo, kalau provinsi itu hak DPP," katanya.

Dia meminta seluruh pihak menghargai sikap politik seseorang.

"Itu hak seseorang untuk menentukan sikap politiknya, sekarang sikap politiknya (Gibran) menjadi wali kota. Kita tidak bisa menahan hak seseorang untuk menentukan sikap politik selanjutnya," katanya.

Meski bila Gibran benar-benar meninggalkan Kota Solo untuk bertarung di Pilkada DKI Jakarta, FX Rudy tidak terlalu mengkhawatirkan karena Gibran memiliki wakil wali kota yang bisa menggantikannya.

FX Rudy meencontohkan kondisi saat dirinya ditinggalkan Joko Widodo (Jokowi) yang hijrah menjadi orang nomor satu di pemerintahan DKI Jakarta.