Bagikan:

JAKARTA - Anak Presiden ke-4 RI Abdurrachman Wahid atau Gus Dur, Yenny Wahid dan barisan kader Gus Dur memberikan dukungan untuk pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

“Kami barisan para kader Gus Dur menyatakan untuk mendukung pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD,” kata Yenny disambut riuh kader Gus Dur yang hadir dalam deklarasi di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat, 27 Oktober.

Yenny awalnya sempat menyinggung soal tiga capres dan cawapres yang maju yakni, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Namun, karena berbagai pertimbangan termasuk mendengar aspirasi dari banyak pihak pilihan semakin mengerucut.

Hingga akhirnya Yenny memutuskan mendukung Ganjar-Mahfud. Ada sejumlah pertimbangan yang disebutnya, termasuk kedekatan Mahfud MD dengan Nahdlatul Ulama (NU).

Tak hanya itu, Mahfud juga dianggap sebagai sosok yang menanamkan nilai Gus Dur dalam kesehariannya dan konsisten dalam penegakan hukum.

“Konsisten Mahfud MD dalam hal ini telah teruji. Pak Mahfud juga merupakan sosok yang memperjuangkan pluralisme sebagaimana garis perjuangan Gus Dur. Selama ini ia teguh menyuarakan itu dari masa ke masa,” tegasnya.

Yenny Wahid dan barisan kader Gus Dur memberikan dukungan untuk pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD/FOTO: Wardhany Tsa Tsia-VOI

“Semoga Allah, Tuhan yang Maha Kuasa melindungi semua langkah-langkah kita ke depan untuk membawa Indonesia menuju masa depan yang lebih baik,” sambung Yenny.

Adapun dalam acara deklarasi ini hadir Ketua TPN Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid bersama wakilnya, Andika Perkasa. Kemudian hadir juga Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesodibjo dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

Selanjutnya, hadir juga Sekjen Partai Hanura Kodrat Shah, Sekjen PPP Arwani Thomafi dan Jubir TPN Usman Tokan, serta Sekjen Partai Perindo Ahmad Rofiq.