Bagikan:

JAKARTA - Kebanyakan pelajar di Indonesia, mengikuti les privat karena alasan yang beragam dan bervariasi. Banyak pelajar di Indonesia merasa bahwa les privat memberikan mereka kesempatan untuk mendapatkan perhatian lebih personal dan individual dari seorang guru.

Hal tersebut memungkinkan mereka untuk fokus pada kesulitan atau kelemahan tertentu dalam pembelajaran mereka. Kedua, beberapa pelajar mungkin menghadapi tantangan khusus dalam belajar di kelas reguler dan merasa lebih nyaman belajar dalam lingkungan yang lebih kecil dan intim.

Yang terakhir, motivasi seorang pelajar memilih les privat untuk persiapan ujian tertentu, baik itu ujian masuk perguruan tinggi, ujian standar, atau ujian lainnya yang memerlukan persiapan khusus. Dengan dukungan dan bimbingan ekstra dari les privat, pelajar berharap dapat mencapai hasil akademis yang lebih baik dan meningkatkan pemahaman mereka dalam berbagai mata pelajaran.

Sedang mencari guru les privat? Nah, agar tidak salah dalam memilih guru, pertimbangkan 10 tips dalam memilih les privat agar sesuai dengan ekspektasi Anda.

Cari Tahu dulu Kebutuhan Anda

Hal paling penting dalam memilih les privat adalah mengidentifikasi kebutuhan Anda. Tanyakan pada diri sendiri, mata pelajaran apa yang dirasa kurang dipahami atau merasa tertinggal. Misalkan, jika Anda merasa kurang dalam mata pelajaran matematika, maka Anda dapat mempertimbangkan untuk mengambilnya.

Perhatikan Reputasi Lembaga Bimbingan

Lembaga bimbingan belajar yang berkualitas selalu diiringi oleh reputasi yang baik. Reputasi tersebut dibangun melalui kualitas pengajaran dan sistem belajar yang memberikan kepuasan.

Anda dapat menilai apakah sebuah lembaga penyedia les privat baik atau tidak dengan melihat daftar lulusannya, jumlah siswa yang pernah mengikuti program di lembaga tersebut, dan juga mencari testimoni dari siswa dan orang tua yang telah menggunakan jasa les privat dari lembaga tersebut sebelumnya.

Selain itu, Anda juga dapat memperhatikan berapa banyak prestasi dan penghargaan yang telah diraih oleh lembaga tersebut. Hal ini dapat menjadi indikator tambahan mengenai kualitas dan reputasi dari lembaga bimbingan tersebut.

Les Privat Matematika Ruangguru dapat menjadi pilihan dalam mencari guru mapel yang sedang Anda butuhkan. Bersama ruangguru privat, Anda akan mendapatkan tutor yang berpengalaman, jadwal yang fleksibel untuk menyesuaikan waktu luang Anda, serta biaya 40 persen lebih terjangkau dari bimbel maupun les manapun.

Jalin Pertemuan dengan Tutor atau Pengajar

Setelah melalui proses identifikasi kebutuhan, tahap berikutnya yang tak kalah penting adalah bertemu secara langsung dengan calon tutor atau pengajar. Langkah ini memberikan kesempatan berharga untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan kritis dan mendapatkan gambaran mendalam mengenai gaya pengajaran yang akan diterapkan selama Anda mengikuti les privat.

Tanyakan tentang kurikulum

Pastikan kelas privat yang Anda pilih sesuai dengan kurikulum yang diterapkan di sekolah Anda. Hal ini tentu saja akan sangat membantu Anda untuk mencapai kebutuhan yang ingin Anda dapatkan saat memilih les privat.

Pertimbangkan Biaya

Biaya les privat menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan sebelum memilih les privat. Maka, tak jarang sebuah lembaga les privat seringkali lebih mahal dibandingkan dengan pendidikan reguler di sekolah. Oleh karena itu, keluarga perlu memastikan bahwa investasi finansial tersebut sebanding dengan manfaat dan hasil yang akan diperoleh siswa dari les privat tersebut.

Jangan Hanya Mempertimbangkan Tutor

Selain tutor atau pengajar, pastikan kelas privat yang Anda pilih menawarkan akses ke sumber daya lain, seperti materi pelajaran, ujian latihan, dan platform pembelajaran online. Hal tersebut dikarenakan banyak orang memilih les privat hanya dengan mempertimbangkan dari sisi tutor saja. Ingat, bahwa materi, program, hingga media belajar yang disajikan juga perlu dipertimbangkan sebelum memilih les privat.

Pertimbangkan Fleksibilitas

Anak-anak kadang-kadang dapat merasa malas dan bosan saat menghadiri sesi les privat. Oleh karena itu, penting untuk memilih jasa les privat yang menawarkan fleksibilitas waktu, sehingga dapat disesuaikan dengan jadwal luang dan minat anak. Dengan adanya fleksibilitas waktu ini, diharapkan anak dapat lebih termotivasi dan antusias dalam belajar, sehingga meningkatkan hasil yang diinginkan dari les privat tersebut.

Bersiaplah untuk berkomitmen. Kelas privat memerlukan komitmen baik dari siswa maupun orangtua. Pastikan Anda berdua bersedia meluangkan waktu dan usaha yang diperlukan untuk mendapatkan manfaat maksimal dari kelas tersebut.

Perhatikan Pendekatan Pengajaran

Untuk mencapai tujuan belajar yang diinginkan, penting bagi anak untuk dapat dengan baik dan cepat menyerap materi pembelajaran. Oleh karena itu, kenyamanan belajar anak juga menjadi hal yang sangat penting.

Sampaikan kepada calon jasa les privat bahwa Anda berminat untuk mengadakan jadwal uji coba dengan beberapa kali pertemuan. Tujuannya adsalah untuk melihat bagaimana pendekatan pengajaran yang digunakan dan bagaimana interaksi dengan anak.

Selain itu, minta pendapat anak mengenai perasaannya terhadap pembelajaran tersebut, apakah merasa senang dan nyaman. Dengan demikian, Anda dapat memastikan bahwa anak akan mendapatkan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan.

Nah, demikian adalah tips memilih les privat yang bisa Anda gunakan sebelum mempertimbangkan untuk membelinya. Ingat! Anda dapat memberikan kesempatan terbaik bagi anak untuk mencapai prestasi akademik yang gemilang dan perkembangan pribadi yang positif.