Soal Gibran Masuk Golkar, Airlangga: Sabar Masih Berproses
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kiri) didampingi Sekjen Lodewijk Freidrich Paulus (kanan) menyerahkan surat keputusan Rapimnas ke-2 Partai Golkar kepada Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka/antara

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto merespons soal status cawapres Gibran Rakabuming Raka, apakah sudah bergabung menjadi kader beringin atau belum.

Airlangga meminta semua pihak untuk bersabar. Sebab kata dia, hal tersebut masih terus berproses. Diketahui, saat diusung sebagai cawapres, Gibran masih berstatus sebagai kader PDIP.

"Sabar, sabar dulu saja, ini kan terus berproses," ujar Airlangga di gedung KPU RI, Jakarta Pusat, Rabu, 25 Oktober.

Menko Perekonomian itu menegaskan, saat ini pihaknya masih fokus untuk pendaftaran Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming sebagai paslon capres dan cawapres ke KPU. Karena itu, dia masih enggan untuk menjelaskan soal status Gibran baik di PDIP maupun di Golkar.

"Kan kita lagi daftar pemilu untuk capres cawapres," kata Airlangga.

Gibran, yang merupakan kader PDI Perjuangan, resmi diusung oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM) sebagai cawapres untuk mendampingi capres Prabowo Subianto.

Prabowo mengumumkan pencalonan Gibran pada Minggu malam didampingi ketua umum partai anggota koalisinya yang terdiri dari Partai Golkar, Demokrat, Gelora, PAN, PBB, Garuda, Prima, serta Gerindra.

Prabowo dan Gibran resmi mendaftarkan diri sebagai capres dan cawapres Pemilu 2024 ke KPU pada Rabu.

Sedangkan PDIP membentuk koalisi bersama PPP, Hanura, dan Perindo untuk mengusung capres Ganjar Pranowo dan cawapres Mahfud MD. Koalisi yang dibentuk PDIP dan partai lainnya sudah resmi mendaftarkan Ganjar dan Mahfud ke KPU.