Gedung Putih Sebut Iran Secara Aktif Memfasilitasi Serangan Terhadap Pangkalan Militer AS
John Kirby. (Wikimedia Commons/Chairman of the Joint Chiefs of Staff)

Bagikan:

JAKARTA - Gedung Putih menyebut Iran dalam beberapa kasus "secara aktif memfasilitasi" serangan roket dan drone oleh kelompok proksi terhadap pangkalan militer Amerika Serikat di Irak dan Suriah.

Juru bicara Gedung Putih John Kirby mengatakan, serangan semacam itu meningkat selama sepekan terakhir dan terutama dalam beberapa hari belakangan. Menurutnya, Amerika Serikat yakin kelompok-kelompok ini didukung oleh Garda Revolusi Iran (IRGC) dan Pemerintah Iran, yang juga terus mendukung kelompok militan Hamas dan Hizbullah.

"Kami tahu bahwa Iran memantau dengan cermat peristiwa-peristiwa ini, dan dalam beberapa kasus, secara aktif memfasilitasi serangan-serangan ini dan mendorong pihak lain yang mungkin ingin mengeksploitasi konflik demi kebaikan mereka sendiri, atau demi kebaikan Iran," jelas Kirby seperti melansir Reuters 24 Oktober.

Diketahui, serangan terhadap pasukan AS mengalami peningkatan, sejak konflik terbaru Hamas dengan Israel pecah pada 7 Oktober lalu.

"Kami sangat prihatin dengan potensi eskalasi signifikan serangan-serangan ini di hari-hari mendatang," kata Kirby.

Presiden Joe Biden sendiri mengirimkan kekuatan angkatan lautnya ke Timur Tengah dalam dua pekan terakhir, di mana itu termasuk dua kapal induk, sejumlah kapal perang dan sekitar 2.000 Narinir.

"Kami tahu tujuan Iran adalah mempertahankan penolakan di sini, tapi kami tidak akan membiarkan mereka melakukan hal itu," tegas Kirby.

"Kami juga tidak akan membiarkan ancaman apa pun terhadap kepentingan kami di kawasan ini tidak terganggu," pungkasnya.

Terkait