7 Sebaran Kasus Cacar Monyet di DKI Jakarta
Ilustrasi cacar monyet atau monkeypox. (Wikimedia Commons)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dr Maxi Rein Rondonuwu menemukan sebaran kasus cacar monyet di DKI Jakarta.

Seperti diketahui, muncul kasus cacar monyet monkeypox atau Mpox di Indonesia. Bahkan kasus tersebut jadi perhatian di sepanjang bulan Oktober ini.

Sebaran Kasus Cacar Monyet di DKI Jakarta

Penemuan kasus pertama cacar monyet di Jakarta terjadi pada bulan Agustus 2022. Namun kasus tersebut sempat hilang lantaran tak ada penambahan pasien. Namun pada 13 Oktober 2023 muncul pasien yang mengidap kasus cacar monyet.

Kasus kembali muncul pada tanggal 19 Oktober 2023. Bahkan ada empat kasus lain yang menyusul yakni pada tanggal 21 Oktober 2023. Seluruh pasien yang mengidap cacar monyet berjenis kelamin pria dengan rentang usia antara 25 hingga 35 tahun.

"Berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium, hingga kini kita dapatkan 7 kasus konfirmasi Monkeypox di Indonesia di tahun ini. Seluruh kasus konfirmasi ditemukan di wilayah DKI Jakarta," demikian penjelasan dr Maxi Rein Rondonuwu di keterangan tertulisnya yang diterima wartawan, Senin 23 Oktober.

Selain itu dr Maxi juga merinci persebaran kasus Mpox yang ditemukan di DKI Jakarta adalah sebagai berikut.

  • Jatinegara ditemukan 1 kasus
  • Mampang ditemukan 1 kasus
  • Kebayoran Lama ditemukan 1 kasus
  • Setiabudi ditemukan 2 kasus
  • Grogol Petamburan ditemukan 1 kasus
  • Kembangan ditemukan 1 kasus.

Berdasarkan data Kemenkes RI, sebanyak enam pasien cacar monyet di DKI Jakarta adalah orang yang mengidap HIV atau ODHIV sekaligus memiliki orientasi biseksual.

Saat ini seluruh pasien yang mengidap cacar monyet tengah menjalani perawatan secara intensif di ruang isolasi di beberapa RS di DKI Jakarta. Mereka akan dirawat hingga luka kering sempurna.

Mengenal Apa Itu Cacar Monyet

Cacar monyet adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus dengan gaja mirip cacar. Gejala cacar monyet biasanya ditandai dengan muncul demam, pembengkakan kelenjar getah bening, serta ruam mirip lesi. Lesi sendiri bisa muncul di area kelamin, anus, dan area lain.

Di Hearthline dikatakan bahwa cacar monyet alias Mpox merupakan penyakit zoonosis yakni penyakit yang bisa menular dari hewan ke manusia atau sebaliknya, serta bisa menular antarmanusia. Virus penyebab cacar monyet dinamakan Mpox yang jadi bagian dari genus Orthopoxvirus, yakni salah satu penyebab penyakit cacar.

Cara Penularan Cacar Monyet

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit CDC (CDC), menjelaskan bahwa virus yang jadi penyebab cacar air menyebar lewat kontak intim misalnya pasien melakukan aktivitas memeluk, memijat, ciuman, bahkan hubungan seksual. Mpox juga bisa menginveksi inang baru jika inang tersebut menyentuh benda yang telah terdapa virus Mpox misalnya handuk bahkan mainan seksual.

Transmisi virus ini juga bisa terjadi lewat gigitan atau goresan dari hewan yang sebelumnya telah terinfeksi mpox atau karena seseorang mengonsumsi daging hewan yang telah terinfeksi Mpox. WHO juga mengatakan bahwa virus cacar monyet bisa masuk ke dalam tubuh manusia lewat luka di kulit atau lewat saluran napas yakni hidung, mulut, bahkan mata.

Itulah informasi terkait sebaran kasus cacar monyet di DKI Jakarta. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.