Bagikan:

YOGYAKARTA - Pasangan bakal calon presiden dan calon wakil presiden Ganjar Pranowo-Mahfud MD menampilkan "QR Code" yang merupakan dokumen digital berisi visi, misi, dan program kerja mereka jika nantinya terpilih dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Kira-kira seperti apa sih visi misi Ganjar Mahfud di pilpres 2024?

Melanesia dari ANTARA, dokumen fisik beserta versi “soft copy" yang dapat diunduh lewat "QR Code" itu dibawa oleh Ganjar dan Mahfud saat mendaftarkan diri sebagai bakal capres dan bakal cawapres ke KPU RI di Jakarta, Kamis. 

“Beberapa dokumen sudah kami berikan, ada visi, misi, dan program yang sudah kami uraikan. InSya-Allah masyarakat akan bisa membaca dengan sangat mudah, karena ada barcode-nya, dan nanti semua yang membaca menggunakan barcode akan bisa melihat detail yang ada,” kata Ganjar.

Nah, seperti apakah kiranya visi misi Ganjar Mahfud di pilpres 2024, yuk kita bahas di bawah ini.

Visi Misi Ganjar Mahfud di Pilpres 2024

Dalam dokumen setebal 62 halaman itu, tertuang visi pasangan itu ialah Menuju Indonesia unggul gerak cepat mewujudkan negara maritim yang adil serta lestari

Visi itu dituangkan dalam 8 misi, salah satunya yakni Mempercepat pembangunan ekonomi berdikari berbasis pengetahuan serta nilai tambah.

Misi itu diturunkan lagi jadi sebagian program. Salah satunya merupakan percepatan penyelesaian Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan.

"Komitmen melanjutkan pembangunan Ibu Kota Nusantara secara bertahap sampai IKN jadi titik keseimbangan baru keadilan pembangunan sekaligus simbol Indonesia yang futuristik," dikutip dari dokumen itu.

Ganjar juga lebih dahulu diketahui pernah beberapa kali mengatakan pendapatnya soal proyek IKN yang ditelurkan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Salah satunya kala ia berdialog di Rakernas XVI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) di Makassar pada 13 Juli 2023.

Ganjar berkata pemindahan ibu kota dari Jakarta di Pulau Jawa ke Nusantara di Kalimantan itu bakal mewujudkan mimpi Indonesia di masa depan. Menurutnya, pemindahan ibu kota negara itu tidak semata-mata memindahkan fisik, melainkan pula mengubah perilaku warga Indonesia yang ke depannya.

Dia juga berharap pusat pertumbuhan Indonesia bisa terdistribusi secara menyeluruh ke berbagai daerah.

"Nanti ada perilaku, ada cerita ekonomi hijau dan ekonomi biru itu dalam desain besar yang ada di sana. Harapannya biasanya kalau gulanya ditaruh di situ, semutnya akan datang. Maka kemudian apa yang diusulkan tadi bagaimana Kalimantan dikelola, saatnya kita berbicara," kata dia.

Jutaan Lapangan Kerja Baru Tiap Tahun

Program yang lain yakni belasan juta lapangan kerja baru. Dengan program itu, Ganjar-Mahfud mau membenarkan penyerapan angkatan kerja baru tiap tahun serta kurangi jumlah pengangguran di Indonesia.

"Memastikan penyerapan angkatan kerja baru tiap tahun serta kurangi jumlah pengangguran sampai menggapai tingkatan penyerapan tenaga kerja optimal, supaya seluruh rakyat cepat bisa kerja," dilansir dari dokumen itu.

Jadi setelah mengetahui Visi Misi Ganjar Mahfud, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!